Share

Percepat Akselerasi Digital, Begini Permintaan Erick Thohir ke Telkom

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 25 Oktober 2022 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 25 320 2694259 percepat-akselerasi-digital-begini-permintaan-erick-thohir-ke-telkom-jfIGhnh9bd.JPG Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong akselerasi digital dalam negeri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick pun meminta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melakukan berbagai inovasi untuk mendorong percepatan ekosistem tersebut.

Melalui tiga pilar utama, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services, Telkom fokus meningkatkan kapabilitas dalam menyediakan layanan atas permasalahan pada berbagai sektor industri.

Sebagaimana yang diharapkan pemerintah, lanjut Erick, BUMN harus menjalankan dua fungsi utama yakni sebagai agent of value creator (pencipta nilai) dan agent of development (agen pembangunan), maka Telkom secara berkelanjutan membangun dan memperkuat ekosistem digital demi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

 BACA JUGA:Dorong Bisnis Teknologi, Erick Thohir Tambah Anggota Komisaris PT INTI

Erick menyampaikan pertumbuhan ekonomi digital didorong melalui banyak faktor khususnya melalui penyediaan infrastruktur digital, UMKM, dan startup.

Potensi pertumbuhan ekonomi digital akan melibatkan seluruh pemain digital untuk bersinergi menjadi satu kesatuan.

“Ketika kita berbicara mengenai ekonomi digital, tidak akan terlepas dari infrastruktur. Saat ini, Telkom juga fokus pada segmen B2B dan B2C untuk semakin mendorong potensi digital," ujar Erick, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan hadirnya Telkom terutama melalui fiber optic, data center, 5G tower yang dimaksimalkan melalui seluruh Telkom Group akan membentuk satu ekosistem besar yang berkesinambungan.

"Mari kita bersama-sama menjelajahi dunia digital ekonomi yang Indonesia punya,” jelasnya.

Senada, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengungkapkan BUMN harus memanfaatkan momentum tren digitalisasi dengan membangun ekosistem digital agar bisa terus berkembang.

“Kita sudah melihat upaya Telkom membangun BTS di daerah terpencil sebagai upaya untuk membuka akses telekomunikasi. Ini merupakan investasi di sektor back end. Hal ini tentunya bertujuan untuk menciptakan ekosistem digital yang semakin merata di seluruh Indonesia,” kata Tiko.

Cita-cita Telkom untuk dapat memberikan solusi digital yang inklusif bagi masyarakat juga selaras dengan salah satu tema dan tujuan utama yang hendak diwujudkan pada forum multilateral G20. Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus Presidensi G20 tahun berupaya mempercepat pemulihan ekonomi global di berbagai sektor industri melalui pemanfaatan teknologi digital.

Dengan semangat bertransformasi, Telkom berkomitmen untuk mewujudkan tujuan tersebut tidak hanya dengan menghadirkan berbagai layanan digital, namun juga meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat sehingga dapat menciptakan ekosistem digital yang menyeluruh.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini