Share

Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bareng China? Luhut: Ngapain Ganti-Ganti

Antara, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 320 2696403 bangun-kereta-cepat-jakarta-surabaya-bareng-china-luhut-ngapain-ganti-ganti-oUNczWnilU.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai rencana kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan berlanjut hingga Surabaya, Jawa Timur mendukung efisiensi Indonesia. 

Hal ini dikarenakan kereta cepat dari Jakarta hingga Surabaya akan bisa ditempuh hanya dalam waktu empat jam. Namun, ia tidak menjelaskan secara gamblang investor mana yang akan menggarap proyek tersebut. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung digarap oleh China.

"Kalau nanti pemerintah yang akan melanjutkan ini, kalau sudah jadi sampai ke Surabaya, saya kira akan membuat Indonesia lebih efisien. Ya nanti kita lihat saja, kalau kita sudah nyaman dengan ini (investor kereta cepat Jakarta-Bandung), ngapain ganti-ganti kan. Ganti istri juga kita nggak mau," katanya.

Dia menjelaskan kereta cepat Jakarta-Bandung akan rampung dan mulai beroperasi pada pertengahan 2023.

Dia menyebut tes dinamis (dynamic test) akan dilakukan bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia pada pertengahan November.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Nanti tanggal 16 (November) ada dynamic test. Dari Bali akan dynamic test dan itu Juni-Juli tahun depan kita sudah comissioning," katanya ketika ditemui di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Luhut menambahkan masalah pembengkakan biaya (cost over run) telah selesai. Pembengkakan biaya terjadi karena masalah teknis, yaitu kerusakan tanah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini