Share

Cara BRI Edukasi Pencegahan Soceng

Anggie Ariesta, MNC Portal · Minggu 06 November 2022 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 06 622 2701969 cara-bri-edukasi-pencegahan-soceng-oFKFCwqkr5.jpg BRI Edukasi Modus Soceng. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menerus mengedukasi pencegahan social engineering (soceng) kepada masyarakat. Berbagai saluran edukasi disiapkan, salah satunya melalui konten hiburan web series.

Keseriusan BRI memerangi social engineering dapat dilihat dari konten web series yang menghibur sekaligus mengedukasi berjudul “Modus Operandi” yang tayang sejak 4 November 2022 di Youtube Channel BRI.

Baca Juga: Waspada Penipuan Soceng! Masyarakat Diimbau Tidak Asal Klik Link dan Install Aplikasi

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan, edukasi yang dikemas melalui konten hiburan ini diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap praktik social engineering.

“Web series ini wujud semangat bagi kami untuk terus memberikan komunikasi yang terbaik dalam memberikan edukasi serta literasi kepada masyarakat luas,” kata Aestika dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (6/11/2022).

Baca Juga: Beredar Link Palsu Kenaikan Tarif Transaksi, Nasabah Bank Diimbau Waspada dan Terapkan Langkah Ini

Social engineering merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data transaksi perbankan korban. Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, SMS, e-mail, media sosial, dan lainnya.

Sederet nama aktor muda berbakat Indonesia digaet untuk beradu akting dalam web series ini, antara lain Meerqeen, Yusuf Mahardika, Kristo Immanuel, Diandra Agatha, Maudy Effrosina. Ada juga Sutradara peraih Piala Citra, Makbul Mabarak yang turut menggarap dan menyutradarai web series persembahan BRI tersebut.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Modus Operandi menceritakan kisah tiga orang jurnalis yang sedang terdesak dalam karir dan asmara mereka, menyamar sebagai tukang nasi goreng untuk membongkar gembong kejahatan perbankan. Dalam aksinya, tanpa sengaja mereka bertemu dan bekerjasama dengan seorang pekerja BRI yang juga sedang menyamar untuk mengungkap kasus yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Meerqeen mengungkapkan dirinya turut senang bisa berpartisipasi dalam upaya memerangi kejahatan social engineering dengan berperan di web series ini. Aktor muda tersebut juga mengapresiasi langkah BRI yang terus proaktif menjawab keresahan masyarakat mengenai social engineering melalui konten edukasi, salah satunya web series Modus Operandi.

“Tentunya bangga bisa terlibat di web series ini dan semoga apa yang kita tampilkan punya manfaat besar bagi masyarakat agar memahami tentang apa itu social engineering dan agar masyarakat dapat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi,” ungkap Meerqeen.

Web series ‘Modus Operandi’ memiliki total 5 episode dengan durasi masing-masing episode 15-20 menit. Kisah petualangan yang dibalut dengan nuansa aksi, komedi, dan asmara ini siap menghibur dan mengedukasi masyarakat setiap hari Jumat mulai 4 November 2022 melalui Youtube Channel BRI.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini