Share

Menko Luhut Pede Indonesia Jadi Negara High Income pada 2045

Anggie Ariesta, MNC Portal · Rabu 09 November 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 320 2703848 menko-luhut-pede-indonesia-jadi-negara-high-income-pada-2045-r5MERs5iU7.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

BALI - Indonesia berpotensi menjadi negara high income atau berpenghasilan tinggi pada tahun 2045. Adapun Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita diperkirakan mencapai USD10.000 dan PDB Indonesia dapat mencapai USD3,0 triliun dalam dekade berikutnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dalam rangka untuk mewujudkan hal tersebut bisa dari target mengurangi dampak perubahan iklim melalui dekarbonisasi dan transisi energi.

"Sedang berlangsung sekarang, tetapi kita harus mencapai target ini, tentu saja Indonesia harus melakukan hal seperti ini," ujar Luhut dalam acara Seminar Internasional LPS di Nusa Dua, Bali, Rabu (9/11/2022).

Menurut Luhut, yang sangat penting adalah menahan pandemi dan memulihkan ekonomi di tengah berbagai tantangan global, mereka berjuang dalam dua tahun terakhir tetapi dirinya tidak bisa membiarkan ini terjadi.

BACA JUGA:Cek Kesiapan KTT G20, Luhut: Kita Atur Semuanya dengan Baik

"Mengubah perekonomian dari berbasis komoditas menjadi berbasis industri, tidak banyak orang yang menyadari bahwa kami bertransformasi hanya untuk mengekspor bahan baku, kami mengandalkan harga komoditas, hari ini tidak lebih," jelas Luhut.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Luhut menjelaskan bahwa dalam sejarah RI, ekspor Indnesia yang tertinggi dalam sejarahnya tahun lalu USD232 miliar, Dan Luhut percaya tahun ini, bisa mencapai sekitar USD300 miliar.

"Dan ketika kita melihat ekonomi Cina, dapat mencapai seperti USD250 Miliar di nomor tiga dengan meningkatkan efisiensi melalui digitalisasi," kata Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini