Share

Bangun IKN Nusantara Jadi Ibu Kota Baru, Indonesia Menuju Negara Hijau

Michelle Natalia, MNC Portal · Jum'at 11 November 2022 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 470 2705270 bangun-ikn-nusantara-jadi-ibu-kota-baru-indonesia-menuju-negara-hijau-4kG0v2cV52.png IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

BALI - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 sudah memberikan banyak pelajaran penting bagi semua negara di dunia, termasuk Indonesia.

Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih menyebut pelajaran penting ini adalah performa ekonomi tidaklah independen terhadap faktor non-ekonomi, melainkan faktanya.

Di mana banyak faktor non-ekonomi yang bisa berimbas terhadap performa ekonomi jangka panjang, termasuk kesehatan publik, teknologi digital, dan energi terbarukan.

 BACA JUGA:Perbankan di RI Sehat, LPS Sebut Belum Ada Penutupan Bank Sepanjang 2022

"Di sektor kesehatan publik misalnya, ini menunjukkan bahwa dunia membutuhkan inovasi dan infrastruktur kesehatan yang lebih resilient, sementara itu, pembatasan kegiatan sosial sudah menjadi katalis kuat untuk kesadaran publik akan kebutuhan teknologi digital," ujar Lana dalam Bloomberg CEO Forum - G20 Side Event di Bali, Jumat (11/11/2022).

Selain pandemi, ancaman perubahan iklim jika tidak ditangani akan berimbas terhadap performa ekonomi jangka panjang pula.

Bahkan terhadap masa depan generasi mendatang.

Maka dari itu, dibutuhkan adanya perkotaan yang lebih hijau.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Dalam konteks ini, Indonesia akan memindahkan ibu kota negaranya dari Jakarta di Pulau Jawa, ke Nusantara yang terletak di Pulau Kalimantan yang berkonsep green and smart capital city. Ini adalah sebuah langkah monumental dari Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kami sangat berkomitmen terhadap dunia yang lebih hijau," tegas Lana.

Seiring dengan hal tersebut, LPS memberikan dukungannya untuk sistem kesehatan global yang lebih resilien, transformasi digital, dan transisi menuju sumber daya terbarukan.

Lana mengatakan bahwa pemerintah Indonesia, dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berkomitmen untuk menumbuhkan lingkungan bisnis yang aman, setara, dan berorientasi pada pertumbuhan.

LPS, sejalan dengan mandatnya, mendukung hal ini secara penuh dengan mempromosikan stabilitas sistem keuangan dengan meminimalisir risiko terhadap sistem perbankan.

"Dalam kesempatan ini, saya kembali mengundang Anda untuk berinvestasi di Indonesia," pungkas Lana.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini