Share

Pabrik Bioetanol Rampung, RI Siap Gantikan BBM?

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Kamis 17 November 2022 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 320 2709753 pabrik-bioetanol-rampung-ri-siap-gantikan-bbm-BhSJKMH1BD.jpg Pabrik Bioetanol Selesai Dibangun, RI Gantikan BBM? (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Proyek Pabrik Bioetanol Gempolkrep rampung di Mojokerto. Proyek yang dikerjakan PT Barata Indonesia (Persero) ini merupakan kelanjutan pekerjaan Tahap I.

Direktur Pemasaran Barata Indonesia Sulistyo Handoko menjelaskan, perseroan selaku kontraktor pelaksana proyek tersebut telah menyelesaikan performance test dan telah melaksanakan serah terima proyek kepada pihak PTPN X, selaku pemilik.

Baca Juga: Bioetanol Pengganti BBM, Ini Target Pertamina dan PTPN III

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah mengunjungi proyek Bioetanol, di sela membuka program bioetanol tebu untuk ketahanan energi. Sulistyo mengatakan penyelesaian proyek ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya energi yang ramah lingkungan.

“Penyelesaian proyek bioethanol ini merupakan komitmen Barata Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan ekosistem melalui hilirisasi industri gula yang mendorong ketahanan pangan dan energi yang ramah lingkungan," ungkap Sulis, Jumat (17/11/2022).

Baca Juga: RI Bakal Produksi Bioetanol 10, Apa Itu?

Dirinya optimis penyelesaian proyek tersebut juga semakin mengukuhkan posisi Barata Indonesia sebagai satu satunya perusahaan di Indonesia yang mampu melakukan manufaktur dan konstruksi di industri gula dan turunannya.

Barata Indonesia, lanjut dia, juga sudah melakukan modernisasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku tetes, termasuk mengerjakan fasilitas bisnis hilir yaitu, fasilitas redistilasi Fuel Grade Ethanol (FGE) menjadi Extra Neutral Alcohol (ENA) berkualitas food grade. Fasilitas ini kapasitas 100 KLPD dan unit baru CO2 Plant yang berperan mengurangi emisi karbon.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Di lain sisi, dalam menjawab tantangan bisnis, perseroan bertransformasi menjadi perusahaan yang berfokus pada bisnis manufaktur dan Maintenance, Engineering, & Services (MES), hingga equipment supplier pendukung pekerjaan Engineering, Procurement & Contractor (EPC).

Untuk EPC, perusahaan fokus pada pembangkitan, hidromekanikal dan foundry industri komponen dan pemesinan.

Sementara itu, untuk menciptakan daya saing dan ekspansi market, perseroan menjalin kerja sama operation dengan mitra strategis yakni Taiheiyo Engineering Corporation, perusahaan asal Jepang untuk lokal konten industri semen dan PT Andritz untuk industri pulp and paper di pasar Asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini