Share

Bahas Kinerja Jokowi, Erick Thohir: Pak Presiden Tekankan Indonesia Sentris

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Senin 23 Januari 2023 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 320 2751422 bahas-kinerja-jokowi-erick-thohir-pak-presiden-tekankan-indonesia-sentris-QwUGNFgWI4.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi bukti pembangunan Indonesia berada di arah yang benar.

Adapun 76,2% masyarakat puas terhadap kepemimpinan Jokowi.

Persentase kepuasan publik tersebut berdasarkan catatan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Erick menjelaskan pembangunan diarahkan untuk pemerataan ekonomi di daerah, membuat pusat perekonomian baru, hingga pembukaan lapangan kerja.

 BACA JUGA:Bicara BUMN, Erick Thohir: Jangan karena Ganti Pemimpin Ganti Lagi Kebijakannya

"Pak Jokowi sejak awal menekankan pentingnya Indonesia Sentris, pemerataan menjadi kunci dalam menumbuhkan ekonomi. Hal ini yang saya rasa mendapat apresiasi dari masyarakat," ujar Erick pada Senin (23/1/2022).

Presiden memang masif membangun infrastruktur di sejumlah daerah. Salah satunya, pembangunan jalan tol Trans Jawa dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Bagi Erick, infrastruktur memegang peranan penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

"Pak Presiden begitu concern dengan hal ini, kalau kita lihat, biaya logistik Indonesia masih cukup tinggi mencapai 23% atau lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebesar 13%," kata dia.

Menurutnya, progres infrastruktur merupakan buah dari sinergitas banyak pihak, termasuk BUMN dan Kementerian PUPR.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Erick mencatat, pada tahun ini PT Hutama Karya (Persero) akan merampungkan lima ruas JTTS, meliputi Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih), Indrapura-Kisaran (Seksi 1 dan 2), Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan), Sigli-Banda Aceh (Seksi 1,5,6), dan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Bangkinang-Pangkalan).

"Mimpi besar kita menyambungkan Sumatera, dari ujung Aceh hingga Lampung. Harapannya, bisa muncul pertumbuhan ekonomi baru di wilayah-wilayah yang dilewati tersebut," ucap dia.

Tak hanya jalan tol, BUMN di sektor transportasi, pelabuhan, dan bandara ditugaskan meningkatkan layanan dan memperkuat ekosistem agar bisa menekan tingginya biaya logistik.

Erick mencontohkan bagaimana Bandara Kualanamu di Sumatera Utara bertransformasi dengan menggandeng mitra strategis, GMR Airports. Kerja sama tersebut mendorong peningkatan kualitas pengelolaan Bandara Kualanamu menjadi lebih profesional.

"Tak hanya itu, Bandara Kualanamu juga menjadi hub internasional dan menjadi hub pariwisata dan kargo. Hal ini akan memperbaiki rantai pasok kita menjadi lebih baik," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini