Share

Makin Cuan saat Suku Bunga Naik, Yuk Investasi SBR012

Jack Newa, Genie · Selasa 24 Januari 2023 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 11 2751829 makin-cuan-saat-suku-bunga-naik-yuk-investasi-sbr012-lFjDNm7VpS.jpg SBR012 bisa menjadi salah satu pilihan investasi menarik di tengah kondisi ketidakpastian global. (Foto: Freepik/Frimufilms)

JAKARTA - Buat kamu yang ingin berinvestasi dengan aman, namun menawarkan imbal hasil yang bakalan meraup cuan, bisa nih memilih Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR012. Yup, Pemerintah baru saja merilis Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR012, yang ditawarkan pada periode 19 Januari hingga 9 Februari 2023.

SBR012 merupakan salah satu seri Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, dari delapan SBN Ritel yang akan diterbitkan pemerintah pada 2023. SBR012 bisa menjadi salah satu pilihan investasi menarik lho di tengah kondisi ketidakpastian global.

Selain aman dan imbal hasil yang pasti menguntungkan, dengan membeli produk ini kamu turut membantu Pemerintah dalam pemenuhan target Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN), program pemerataan pembangunan, pendidikan, hingga kesehatan di Indonesia lho.

BACA JUGA: BI Naikkan Suku Bunga, Surat Berharga Negara Jadi Investasi Cuan?

Nah, buat kamu yang berinvestasi di SBN ritel imbal hasilnya dinamakan kupon. Imbal hasil berupa kupon ini dibayarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada investor. Tingkat kupon SBN dinyatakan dalam persentase per tahun, namun untuk pembayarannya dilakukan secara rutin tiap bulan hingga jatuh tempo.

SBR merupakan bagian dari SBN ritel yang dikelola secara konvensional atau sering dikenal juga sebagai Surat Utang Negara (SUN). SBR012 menawarkan tiga manfaat utama bagi para investor, yaitu imbal hasil yang menarik, investasi terjangkau mulai dari Rp1 juta, serta aman karena dijamin pemerintah. Selain itu, SBR012 kali ini juga ditawarkan dalam dua tipe yakni, SBR012-T2 dan SBR012-T4.

SBR memiliki kupon dengan skema floating with floor atau mengambang dengan batas minimal. Ini artinya tingkat kupon SBR akan disesuaikan dengan kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI) setiap 3 (tiga) bulan sekali. Menariknya, saat suku bunga naik kamu tetap memiliki tingkat kupon minimal atau batas bawah.

Imbal hasil SBR012 akan naik menjadi 6,4 persen dan 6,6 persen pada Juni-Agustus 2023. Hal ini karena Bank Indonesia (BI) baru saja menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) dari 5,5 persen menjadi 5,75 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Januari 2023.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan menaikkan BI 7 days reverse repo rate menjadi 5,75 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (19/1/2023).

Rinciannya, imbal hasil SBR012-T2 akan naik dari 6,15 persen menjadi 6,4 persen, dan imbal hasil SBR012-T4 akan naik dari 6,35 persen menjadi 6,6 persen. Berikut simulasi keuntungan investasi SBR012 setelah BI menaikkan suku bunga acuan:

 

Imbal hasil SBR012-T2 akan naik dari 6,15 persen menjadi 6,4 persen. (Foto: Bibit)

Imbal hasil SBR012 dengan tipe floating with floor akan naik lagi jika BI kembali menaikkan suku bunga acuan dalam rapat berikutnya demi menekan inflasi Tanah Air, dan yang pasti, pemerintah akan menyesuaikan tingkat kupon SBR012 setiap tiga bulan sekali.

Nah, dengan kamu investasi SBR012 akan makin cuan karena saat suku bunga naik, maka imbal hasil juga naik. Menarik kan! Saat ini, BI masih fokus menekan inflasi agar mencapai target 2 persen - 4 persen pada 2023 dengan menaikkan suku bunga acuan.

Dengan demikian, imbal hasil SBR011, SBR012-T2, dan SBR012-T4 masih berpotensi meningkat dan kian menarik dalam beberapa waktu ke depan. Perlu kamu ingat saat investasi SBR012 suku bunga naik, maka imbal hasil otomatis naik.

Jadi, kamu nggak perlu risau karena imbal hasil SBR012 akan naik, dan bikin passive income kamu terus bertambah.

 

Imbal hasil SBR012-T4 akan naik dari 6,35 persen menjadi 6,6 persen. (Foto: Bibit)

Beli SBR012 di Bibit

Jadi, buat kamu yang ingin dapat keuntungan dari SBR012 supaya bisa mendapatkan passive income alias penghasilan bulanan tanpa bekerja, investasi di SBR012 bisa jadi pilihan ya. Apalagi, dengan adanya dua jenis SBR yang ditawarkan, kamu bebas memilih, mana yang sesuai dengan tujuan keuanganmu.

Misalnya, kamu bisa pilih SBR012-T2 untuk tujuan keuangan dua tahun lagi, seperti biaya pendidikan anak masuk TK, atau dana untuk umroh. Kemudian, kamu bisa memilih SBR012-T4 untuk jangka waktu lebih lama yaitu 4 tahun lagi. Misalnya, untuk DP rumah pertama atau bahkan hanya sekadar mengamankan dana nganggur yang kamu miliki.

Lumayan kan, sambil mengamankan uang, kamu bisa dapat pemasukan tambahan dari kupon yang dibayarkan setiap bulan. Nah, mumpung kuota SBR012 masih ada, yuk beli sekarang!

Kabar baiknya, buat kamu yang ingin membeli SBR012 bisa membelinya di aplikasi Bibit dengan mudah dan nyaman. Bibit ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Keuangan sebagai salah satu mitra distribusi (Midis) penjualan SBN, termasuk ORI dan SBR.

Cara membeli SBN lewat Bibit pun sangat mudah lho. Kamu tinggal buka aplikasi Bibit. Setelah itu, registrasi SBN di aplikasi Bibit, klik banner SBN di home aplikasi Bibit dan pilih 'Daftar Sekarang'. Setelah itu, klik 'Hubungkan Stockbit', dan proses registrasi pun selesai. Kamu sudah bisa membeli SBR012 di aplikasi Bibit. Simpel kan!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan diri kamu untuk investasi SBR012 di Bibit agar bisa menikmati keuntungan bunga yang terus meningkat. Ingat, investasi SBR012 suku bunga naik, imbal hasil otomatis naik! 

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini