Share

Jangan Kaget! Harga BBM Tiba-Tiba Naik dan Turun Setiap Minggu

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2752266 jangan-kaget-harga-bbm-tiba-naik-turun-setiap-minggu-cpLfj7HCEB.jfif Harga BBM Hari Ini. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diumumkan seminggu sekali dalam tahap sosialisasi. Kementerian BUMN ingin mayarakat memiliki pemahaman dan tidak panik bila terjadi perubahan harga.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menyebut, harga BBM khususnya Jenis BBM Umun (JBU), sangat bergantung pada harga minyak mentah dunia.

Baca Juga: Harga BBM Terbaru yang Dijual Pertamina per 24 Januari 2023, Ada yang Turun

Sehingga gejolak minyak dunia akan mempengaruhi harga Jenis BBM Umun atau di luar dari Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) hingga Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi.

"Sesuai arahan Pak Erick dan Menteri ESDM bahwa bagaimana kita bisa melihat harga BBM itu kan tergantung selama harga minyak dunia," ungkap Pahala saat ditemui di Gedung Parlemen, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Pertamina Bakal Uji Coba Pembelian BBM Subsidi Wajib QR Code

Dia memastikan akan ada penyesuaian harga Jenis BBM Umun, apakah akan dinaikan atau diturunkan tarifnya. Hal tersebut bergantung pada harga minya mentah dunia.

"Penyesuaian BBM, ya memang kalau dulu, misalnya penyesuaiannya ke atas, saat ini bisa penyesuaian ke bawah. Tapi nantinya ke atas lagi ya itu bagian dari konsekuensi ini, sosialisasi ini," ucap dia.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Pengumuman harga BBM seminggu sekali memang diusulkan Menteri BUMN Erick Thohir, khususnya harga BBM jenis Pertamax. Hal itu karena harga BBM RON 92 tersebut mengikuti harga pasar.

“Agar harga Pertamax di Indonesia bisa diumumkan tiap minggu supaya sesuai dengan harga pasar,” ujar Erick beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini