>

35 Ribu Tiang Pancang Dipasang untuk Jalan Tol Bali

Selasa, 4 September 2012 - 17:29 wib | Rohmat - Okezone

Ilustrasi (Foto: Koran SI)

 35 Ribu Tiang Pancang Dipasang untuk Jalan Tol Bali
GIANYAR - Megaproyek jalan di atas perairan (JDP) yang menghubungkan Denpasar-Kuta dan Nusa Dua yang ditargetkan rampung 2013 mendatang setidaknya membutuhkan 35 ribu tiang pancang di sepanjang jalan sejauh 12 kilometer (km).

Hingga kini, proyek yang dikerjakan konsorsium enam BUMN itu, terus dikebut pengerjaannya agar bisa rampung sesuai target Juli 2013 atau sebelum KTT APEC yang akan digelar di Nusa Dua.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Ahmad Hermanto Dardak usai meninjau lokasi JDP menyatakan optimismenya bila proyek akan berjalan sesuai rencana.

"Akses jalan tol atau jalan ekspres dari Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai hingga Pelabuhan Benoa Denpasar akan dapat mengatasi permasalahan kemacetan di Bali Selatan," kata Dardak, di sela pembangunan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Petanu, di Gianyar, Selasa (4/9/2012).

Terkait sorotan publik yang menuding pengerjaan proyek JDP telah melanggar AMDAL dan merusak kawasan hutan bakau. Menurut dia, hal itu sudah diantisipasi sesuai metode pengerjaannya. Pemasangan tiang pancang, tambahnya, ada lahan yang diurug atau reklamasi sebab saat laut pasang harus dilakukan pengurugan dahulu. Namun, fungsi lahan tersebut akan dikembalikan ke kondisi seperti sebelumnya.

"Saya rasa hanya sepenggal kawasan saja di dekat bandara yang dilakukan pengurugan," katanya.

Saat ini, pemasangan tiang pancang yang diperkirakan sebanyak 35 ribu unit. Lahan yang telah diurug untuk pemasangan tersebut, nantinya akan ditanam kembali, atau secara lingkungan akan dikembalikan seperti semula.

Sesuai rencana tata ruang, maka nantinya di lahan tersebut ditanam kembali paling tidak sampai setengah tahun, setelah seluruh ruas jalan diselesaikan.

"Metode seperti itu sudah menjadi bagaian mananejem pengelolaan proyek namun kerusakan lingkungan akibat proyek tidak akan berlangsung lama," tambah dia.

Ditambahkannya, saat ini pengerjaan fisik megaproyek JDP yang menelan dana hingga Rp2,94 triliun telah selesai sekira 20 persen. (gna)
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rupiah Bisa Rp11.500, Asal Politik Aman