>

Banyak Instansi Tak Langsung Umumkan Hasil CPNS

|

Martin Bagya Kertiyasa - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Corbis)

  Banyak Instansi Tak Langsung Umumkan Hasil CPNS
JAKARTA - Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berharap pascapenyerahan hasil pengolahan lembar jawaban komputer (LJK) Tes Kompentensi Dasar (TKD) di BPPT, para instansi penyelenggara rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diharapkan segera mengumumkan hasilnya.

Namun ternyata sejumlah instansi menyikapinya secara beragam. Ada yang langsung bereaksi, lantaran banyak LJK yang tidak valid, dan melayangkan surat ke Kementerian PAN dan RB. Namun ada juga instansi yang sama sekali belum menyentuh hasil pengolahan LJK tersebut.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Ramli E Naibaho, mengatakan di pihak lain, masyarakat, terutama para peserta tes CPNS sangat menunggu hasilnya.

Dia melanjutkan, sebenarnya, Kementerian PAN dan RB, melalui situs www.menpan.go.id juga telah merilis hasil TKD, yang bisa diakses dengan memasukkan nomor tes peserta. Tampilan yang muncul, adalah nilai hasil TKD tanpa ada penjelasan apakah peserta test tersebut lolos atau tidak.

Hal ini beralasan, karena pihak yang berwenang mengumumkan lulus tidaknya peserta TKD adalah pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing instansi.
“Namun kelulusan didasarkan pada nilai ambang batas atau passing grade hasil ujian kompetensi dasar,” ujar Ramli seperti dikutip dari situs resmi MenPAN-RB, di Jakarta, Selasa (25/9/2012).

Dia mengungkapkan rekuitmen CPNS akan dilakukan seperti diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB No 233 tahun 2012, apabila jumlah yang memenuhi nilai ambang batas melebihi jumlah formasi jabatan yang telah ditetapkan, maka penetapan selanjutnya berdasarkan rangking nilai tertinggi berurutan nilai berikutnya, sampai dengan jumlah alokasi formasi masing-masing jabatan. (mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rahmat Gobel & Arief Yahya Hadiri Jakarta Fashion Week