>

Dahlan: Target Swasembada Sapi Tak Masuk Akal!

Rabu, 6 Maret 2013 - 14:39 wib | Iwan Supriyatna - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Koran SI)

Dahlan: Target Swasembada Sapi Tak Masuk Akal!
JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai, target swasembada sapi 2014 yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan target yang tidak masuk akal. Menurut Dahlan, dalam lima tahun ke depan pun target tersebut juga belum akan tercapai.

"Blak-blakan saja, tak mungkin tahun depan kita swasembada sapi. Impor masih akan panjang hingga lima tahun lagi," kata Dahlan saat membuka Diskusi Carut Marut Impor dan Masa Depan Swasembada Daging Sapi di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu(6/3/2013).

Dahlan menjelaskan, peningkatan produksi sapi tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Sebagai gambaran, PTPN yang ditugasi memproduksi 100 ribu sapi per tahun hanya mampu mendapatkan 20 ribu sapi anakkan dalam setahun.

"Pengembangbiakan sapi di Indonesia sulit dilakukan, mencari sapi anakkan yang susah, Bagaimana memproduksi anak sapi?" jelas dia.

Selain itu, para peternak juga kurang termotivasi untuk memproduksi sapi karena terlalu besarnya biaya pengembangbiakan sapi. "Seorang peternak untuk memproduksi satu ekor anak sapi perlu Rp9 juta, tapi dijual hanya Rp5 juta. Tanpa bantuan pasti rugi," jelas dia.

Mantan dirut PLN ini juga mempertanyakan kebenaran data sensus sapi nasional dan konsumsi daging sapi per kapita. Bila kedua data tersebut benar, seharusnya Indonesia tidak perlu lagi mengimpor sapi saat ini. "Ada data kita punya 14,8 juta sapi. Dua, ada data konsumsi daging 2 kg per kapita. Tapi buktinya kita kekurangan," tukas dia. (mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI