>

17 Emiten dari 18 Sektor Dapat Penghargaan

|

Rizkie Fauzian - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

17 Emiten dari 18 Sektor Dapat Penghargaan
JAKARTA - Lima perusahaan publik berhasil meraih Investor Awards 2013 dengan predikat ‘Top Performing Listed Companies 2013' dalam ajang Investor Awards Best Listed Companies Majalah Investor.

Emiten tersebut antara lain, PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Tower Bersama Tbk (TOWR), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) dan PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN). Ketua dewan juri, Prof Roy Sembel mengatakan, proses seleksi berdasarkan kriteria yang telah dirumuskan.

"Dewan Juri menetapkan lima emiten yang mencatat skor tertinggi dari delapan nominasi emiten terbaik 2013 berdasarkan kapitalisasi pasar, yakni emiten dengan kapitalisasi pasar di atas Rp10 triliun dan di bawah Rp 10 triliun," ujar dia di Four Season Hotel Jakarta, Kamis (2/5/2013) malam.

Pengelompokan didasarkan pertimbangan bahwa karakteristik perusahaan yang relatif besar dengan yang sedang dan kecil berbeda. Dalam penghargaan ini kemampuan perusahaan menjaga sustainability pertumbuhan erat kaitannya dengan penerapan good corporate governance (GCG), maupun corporate social responsibility (CSR).

Setelah melalui proses seleksi berdasarkan kriteria yang telah dirumuskan, termasuk seleksi awal, dewan juri menetapkan lima emiten yang mencatat skor   tertinggi dari delapan nominasi Emiten Terbaik 2013. 

Ke-8 nominasi emiten terbaik  meliputi, PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Tower Bersama Tbk (TOWR), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Ace Hardware Tbk (ACES), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN), dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA).

Investor Awards 2013 juga diberikan bagi 17 emiten dari 18 sektor usaha. Pada sektor  Pertanian & Peternakan,  penghargaan  diberikan  pada PT Charoen Popkhand Tbk (CPIN), Sektor Aneka Industri diraih PT Astra International Tbk (ASII), dan sektor Infrastruktur diraih PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). 

Dari sektor Perdagangan & Jasa, penghargaan diraih PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), dan Sektor Industri Dasar dan Primer diraih PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT KMI Wire & Cable Tbk (KBLI) meraih posisi terbaik untuk Industri Logam & Kabel.

Sektor Makanan & Minuman diraih PT Akasha Wira International Tbk (ADES), dan Sektor Rokok, Farmasi, dan Keperluan Rumah Tangga diraih PT Kalbe Farma Tbk (KLBE).

Dari bidang Investasi diraih PT Global Mediacom Tbk (BMTR), sektor Perbankan kembali diraih PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), sementara dari industri Reksa Dana dan Sekurtitas juga kembali diraih PT Panin Sekuritas Tbk. Lalu sektor Multifinance diraih PT  Tifa Finance Tbk dan dari industri Hotel, Restoran & Pariwisata diraih PT Bayu Buana Tbk (BAYU).

Sedangkan sektor Properti & Konstruksi diraih PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Astra Graphia Tbk (ASGR) kembali menguasai posisi terbaik untuk sektor elektronika, demikian juga PT Multi Artha Guna Tbk (AMAG) kembali menjadi yang terbaik di sektor Asuransi. (mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina-BUMN Migas Angola Sepakat Kembangkan Bisnis