Liputan Khusus KTT APEC

Obama Batal Datang, APEC 2013 Jalan Terus

Jum'at, 04 Oktober 2013 14:04 wib | Martin Bagya Kertiyasa - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone) NUSA DUA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengungkapkan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memaklumi kondisi ketidakhadiran Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Ketidakhadiran Obama tersebut tentu saja demi kepentingan negara.

Meski demikian, lanjut Marty, pembatalan kedatangan Obama ke APEC tidak mengganggu segala bentuk persiapan dan pembahasan pada pertemuan APEC 2013 di Bali.

"Tentunya hal ini tidak mengganggu segala bentuk persiapan dan pembahasan yang dilakukan dalam pertemuan di APEC," ujar Marty, Nusa Dua, Jumat (4/10/2013).

Marty mengatakan, ketidakhadiran Obama menyangkut perkembangan negaranya sendiri. Terutama menyangkut penanganan anggaran di AS yang saat ini masih terus bergulir.

"Tentunya pak Presiden sangat pahami kenyataan ini karena kita semua mengikuti perkembangannya secara seksama dan dapat menerima apa yang disampaikan Presiden Obama," ujar Marty.

Marty mengatakan, nantinya Presiden Obama akan diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry dalam rangkaian pertemuan APEC ini.

"Ini keadaan yang dihadapi Presiden Obama, sehingga beliau baru saja menyampaikan ketidakhadirannya dalam pertemuan APEC ini," tutupnya. (kie) (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป