53 Negara Akan Bentuk Deklarasi Jakarta

Candra Setya Santoso, Jurnalis · Kamis 15 April 2010 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 15 20 323126 kPzM6l21Bo.jpg Foto: Corbis

JAKARTA - Selain forum penawaran proyek, pertemuan Public Private Partnership (PPP) juga akan menghasilkan sebuah deklarasi yang diberi nama Deklarasi Jakarta.

Deklarasi Jakarta yang akan dibentuk bersama 53 negara yang turut serta dalam acara ini, akan menghimpun dana mencapai USD150 miliar yang berasal dari perbankan lokal, swasta, maupun investor yang masuk khusus Indonesia untuk pengembangan infrastruktur.

"Dana yang dibutuhkan kita (Indonesia) untuk infrastruktur kan besar, sampai USD150 miliar. Dananya nanti berasala dari perbankan swasta, lokal dan investor," ujar Direktur Pengembangan Kerjasama Pemerintah dan Swasta Bappenas Bastary Pandji, saat ditemui wartawan, seusai menghadiri acara Asia Pacific Ministerial Conference on Public Private Partnerships (PPP) for Infrastructure Development 2010, di Jakarta, Kamis (15/4/2010).

Sepanjang lima tahun ke depan, Indonesia membutuhkan USD150 miliar, dana untuk pembangunan infrastruktur yang tidak sepenuhnya bisa dibiayai pemerintah.

Kebutuhan dana pembangunan infrastruktur itu terutama untuk pembangunan jalan, jalan tol dan prasarananya, jembatan, pelabuhan dan alat transportasi yang bertujuan untuk menciptakan connectivity Indonesia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini