First Media Barter Saham Link Net Rp2,35 T dengan CVC

R Ghita Intan Permatasari, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2011 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 22 278 437621 hfgBlx2oMA.jpg Ilustrasi

JAKARTA - PT First Media Tbk (KLBV) menandatangani kesepakatan dengan Asean Link Holdings Limited, anak usaha CVC untuk menanamkan modal sebesar Rp2,35 triliun di KLBV.

Hal tersebut disampaikan oleh Executive Chairman KLBV Peter Gontha dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (22/3/2011).

lebih lanjut Peter menjelaskan bahwa Dalam serangkaian perjanjian CVC akan membayar KLBV sebesar Rp722 miliar untuk instrumen obligasi. CVC juga akan menyuntikkan Rp1,63 triliun ke di anak usaha KLBV, PT Link Net (LN) untuk pertukaran saham baru yang setara dengan 33,94 persen saham LN.

LN merupakan perusahaan yang berfokus pada bisnis jaringan kabel, yang menyediakan layanan Internet Broadband berkecepatan tinggi, layanan TV Kabel berbayar, dan komunikasi data pada hari ini.

Selain itu, CVC juga akan memiliki opsi untuk membeli saham tambahan di LN, kombinasi yang akan memungkinkan CVC untuk memiliki hingga 49 persen dari LN. KLBV akan terus memiliki 51 persen saham mayoritas LN.

"First Media berencana untuk lebih memperluas operasi LN untuk melayani pasar Indonesia dengan layanan TV kabel berbayar, Internet Broadband dan komunikasi data yang lebih luas dan efisien,"ungkap Peter.

Peter menambahkan Transaksi ini bergantung pada penyelesaian prasyarat tertentu termasuk-tetapi tidak terbatas dalam perolehan persetujuan pemegang saham dan regulator sebagaimana diperlukan.

"Kami ingin membangun dan ingin agar Indonesia memiliki konektivitas digital dan Internet yang lebih baik dan lebih efektif," papar Peter.

Sekedar informasi, CVC Capital Partners (CVC) merupakan perusahaan reksa dana global terkemuka yang mengelola dana lebih dari USD43 milyar. CVC didirikan pada tahun 1981 dengan jaringan 20 kantor di seluruh Eropa, Asia dan Amerika Serikat. CVC telah menyelesaikan lebih dari 250 proyek investasi dari berbagai industri di berbagai Negara.

CVC di Asia Pasifik merupakan salah satu investor paling aktif di kawasan ini dan tengah melakukan investasi dana di kawasan Asia senilai kurang lebih USD6.8 milyar. CVC memiliki keahlian yang mendalam di sektor media, termasuk Formula One (bisnis manajemen olah raga dan motor terkemuka), Nine Entertainment (Grup media terkemuka di Australia) dan Operador R (salah satu operator jaringan kabel serat optic terdepan di Spanyol). Portfolio CVC’s di Asia Pasifik saat ini meliputi Matahari Department Store, Magnum (operator lottery terkemuka di Malaysia), Sun Hung Kai (agen ritel perumahan dan perusahaan keuangan ritel konsumen terdepan di Hong Kong) dan Zhuhai Zhongfu (Perusahaan pengemas minuman terbesar di Cina).

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini