Nilai Perdagangan RI-Estonia Tumbuh 54%

Khairisa Ferida, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2012 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 24 320 562309 lc3PBQvMB3.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kunjungan Menteri Luar Negeri Estonia Urmas Paet ke Indonesia membawa misi tersendiri. Kunjungannya ke Indonesia kali ini ditujukan untuk memperkuat kerja sama perdagangan. Memang kunjungan resmi Menlu Paet tersebut menitikberatkan pada peningkatan kerja sama ekonomi dan pendidikan antar kedua negara.

"Hubungan perdagangan antara kedua negara 2011 menunjukkan perkembangan positif. Pada periode Januari-Oktober 2011, total perdagangan kedua negara tercatat USD29,8 Juta atau meningkat sekira 54,7 persen," jelas Menlu Paet di Gedung Pancasila, Jalan Pejambon, Jakarta, Selasa (24/1/2012).

"Jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang mencapai sekira USD19,2 Juta dengan surplus untuk Indonesia senilai USD27,33 Juta. Jumlah tersebut diharapkan akan terus mengalami peningkatan," imbuhnya.

Komoditi ekspor utama Indonesia ke Estonia adalah lemak hewani dan nabati, kertas and paperboard, kayu serta produk kayu. Dalam kunjungan resmi pertamanya, Menlu Estonia akan melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri antara lain menteri luar negeri, menteri koordinator bidang perekonomian, menteri pertanian, menteri pertahanan, menteri perdagangan, menteri kesehatan serta menteri komunikasi dan informasi.

Sejumlah delegasi bisnis turut mendampingi kunjungan Menlu Estonia Urmas Paet ke Indonesia guna menjajaki potensi dagang dan investasi antara Indonesia dan Estonia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini