Jamu Indonesia Diklaim Malaysia

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 320 1081459 jamu-indonesia-diklaim-malaysia-I6lPbgnoKf.jpg Jamu Indonesia Diklaim Malaysia (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Malaysia kembali mengklaim produk asal Indonesia. Setelah angklung dan batik, kini giliran jamu yang diakui oleh negeri Jiran ini.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Berbasis Budaya, Putri Kusumawardhani, menjelaskan bahwa klaim tersebut memang bukan masalah serius. Pasalnya, masing-masing memiliki ciri khas.

"Malaysia memiliki ramuan obat sendiri yang diberi nama obat kampung. Jadi seperti ramuan herbal yang punya China, yaitu Chinese Medicine. ya tidak apa-apa," kata dia di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Menurut Putri, sebenarnya yang dipermasalahkannya adalah penggunaan kata jamu yang digunakan Malaysia. Padahal, kata jamu itu sendiri berasal dari bahasa jawa , Jampi Usodo.

"Jampi Usodo, dari bahasa Jawa yang artinya ramuan kesehatan," ujarnya.

Agar permasalahan klaim mengklaim ini tidak meluas, pihaknya telah meminta pada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mendaftarkan jamu sebagai salah satu warisan dunia asal Indonesia ke UNESCO.

" Saya sudah menyampaikan hal ini kepada Pak Nasir (Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi) untuk mengatasi hal ini. Mudah-mudahan cepat ada tindaklanjutnya," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini