Mendag Minta Penjual Jamu Tak Gunakan Bahan Kimia

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 320 1081456 mendag-minta-penjual-jamu-tak-gunakan-bahan-kimia-55uHVANhnk.jpg Mendag Minta Penjual Jamu Tak Gunakan Bahan Kimia (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA – Produk jamu Indonesia sempat ditolak di luar negeri karena mengandung bahan kimia. Oleh karena itu, para penjual jamu di Indonesia diminta tidak menggunakan bahan kimia pada jamunya.

"Jangan jual jamu bahan kimia ya. Brunei sempat menolak produk jamu karena kandungan kimianya. Makanya sekarang yang kita gaungkan jamu tradisional," kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel pada pedagang jamu di disela-sela acara "Gerakan Minum Jamu" di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Mendag mengimbau asosiasi dan produsen jamu dalam negeri untuk lebih cermat dalam pemilihan bahan baku jamu dan mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia.

"Kita juga minta perusahaan dan asosiasi jamu untuk gaungkan ini. Kita punya banyak produk yang baik seperti Mustika Ratu, Jamu Jago, Nyonya Menir, Air Mancur dan lain-lain. Ini harus kita gaungkan agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tambahnya.

Dia melanjutkan, saat ini Indonesia memiliki 30 ribu jenis tanaman. Sebanyak 940 tanaman tersebut bisa digunakan sebagai bahan baku jamu.

"Ini bisa digunakan untuk bahan baku jamu. Kalau ini kita dorong, petani kita juga akan terdorong," tutup dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini