Perumnas & KAI Akan Bangun Rusunami di Tanjung Barat

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Senin 23 Februari 2015 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 23 320 1109584 permunas-kai-akan-bangun-rusunami-di-tanjung-barat-zwXx7Pvpll.jpg Ilustrasi Rusun. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Perum Perumnas (Persero) akan bekerja sama dengan PT Kereta Api Persero (KAI) untuk membangun rumah susun sederhana milik (Rusunami) di Jakarta Selatan. Rusunami ini akan dibangun pada lahan seluas 1,1 hektar (ha) di daerah Tanjung Barat.

"Mungkin memakai tanah-tanah yang dimiliki negara (Kemenhub), nanti kita alihkan untuk PT KAI, agar bisa dimanfaatkan masyarakat bawah dan menengah. Pembangunan Rusunami akan bertujuan mengurangi kemacetan, masyarakat bisa dapatkan tempat tinggal di public transport," ungkap Rini di Jakarta, Senin (23/2/2015).

Senada, Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengungkapkan, bila tanah seluas 1,1 ha diproyeksikan akan dibangun dua tower Rusunami dengan total sebanyak 260 unit kamar. Adapun satu tower, digadang-gadangkan memiliki ketinggian hingga 16 lantai.

Menurutnya, dana yang digunakan diperkirakan mencapai Rp60-Rp70 miliar. Adapun pembangunan tersebut, diprediksi dapat berjalan pada akhir kuartal II-2015. Meski demikian, dia mengatakan masih ada beberapa masalah terkait sengketa tanah yang ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Satu unit untuk tipe 21 sebesar Rp180 juta, dengan harga per meternya mencapai Rp9 juta. Pembangunan bisa dilakukan oleh Wijaya Karya dan BUMN konstruksi lainnya," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan KAI Kurniadi Atmosasmito menjelaskan, KAI masih memiliki tanah yang dapat dimanfaatkan dalam membangun kawasan Rusunami. Saat ini ada 63 titik stasiun yang dimiliki KAI. "Ini semua dilakukan guna memaksimalkan penggunaan transportasi, khususnya penggunaan kereta api," tambahnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini