nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertalite Diluncurkan, Harga Premium Tak Harus Dinaikkan

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2015 06:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 04 30 19 1142782 pertalite-diluncurkan-harga-premium-tak-harus-dinaikkan-6JdzP3xZww.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengisyaratkan akan meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) Pertalite. Di situasi yang bersamaan, harga BBM jenis Premium berpeluang kembali mengalami kenaikan yang membuat adanya gap.

"Kalau Pertalite sudah diluncurkan, sebenarnya harga BBM Premium tidak boleh naik karena pasti ada Gap mengenai kualitas dan perbedaan harga. Sehingga, masyarakat akan beralih ke Pertalite jika dilihat dari segi kualitas," ujar Pengamat Energi dari Universitas Indonesia (UI) Iwa Garniwa, saat dihubungi Okezone, Jumat (1/5/2015).

Iwa melanjutkan, beda halnya dengan BBM Pertamax. Naik turunnya harga BBM RON 92 itu tergantung dari pengaruh kurs dan harga minyak dunia.

"Pertamax tidak bisa serta-merta menaikkan harga begitu saja, beda halnya dengan BBM Premium yang ada unsur subsidi. Itu tergantung pemerintah,

Dia menambahkan, jika subsidi dikurangi, berarti harga BBM naik. Harga BBM Pertalite dipatok sesuai harga internasional.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini