Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Masih Sangat Besar!

Danang Sugianto, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2015 06:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 01 320 1174606 pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-masih-sangat-besar-WaF56NvosB.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kasus beli iPhone dapat sabun yang sedang ramai diperbincangkan saat ini disinyalir mengandung persaingan bisnis antar perusahaan e-commerce yang bersangkutan.

Namun menurut ketua Indonesia E-Commerce Association (idEA) Daniel Tumiwa seharusnya saat ini belum ada suatu hal yang mendasari persaingan di ranah e-commerce terjadi.

Pasalnya saat ini peluang bisnis e-Commerce masih sangat besar. Pangsa pasarnya di Indonesia masih memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang.

"Pangsa pasar dari e-commerce itu masih sekitar di bawah 1 persen dari pangsa pasar retail offline. Bahkan yang pakai internet saja masih sangat sedikit yang berbelanja e-commerce. Jadi Marketnya belum tersentuh, tidak perlu khawatir kalau ada yang mau ambil pelanggan kita," tutur Daniel saat dihubungi Okezone, Jumat (3/7/2015).

Menurutnya, penetrasi perkembangan internet di Indoensia memang sangat besar. Tapi pengetahuan tentang e-commerce masih sangat minim dari masyarakat Indonesia yang berjumlah sekitar 250 juta.

Oleh karena itu, lanjut Daniel, saat ini justru seluruh pelaku e-Commerce sedang bahu membahu untuk membangun pasar, dengan mengedukasi masyarakat terkait aman dan nyamannya berbelanja secara online.

"Jadi seluruh pelaku masing-masing merek masih mempunyai ruang untuk terus berkembang. Masih jauh untuk mengkhawatirkan persaingan. Karena industri ini baru mulai untuk tumbuh," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini