Gaji UMR Harus Pandai Menahan Diri

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2015 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 03 278 1260322 gaji-umr-harus-pandai-menahan-diri-9wrbU3rlR2.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta ditetapkan sebesar Rp2,7 juta per bulan ternyata sering kali dirasa minim dan kurang. Padahal, dengan penghasilan bulanan itu, masyarakat juga mampu memenuhi kebutuhan diri sendiri bila pintar menyiasatinya.

Perencana Keuangan Independen, Freddy Pieloor, menjelaskan gaji Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta memang tergolong minim. Maka dari itu, penerima gaji harus berusaha mencukupi untuk selama satu bulan ke depan. Caranya bisa dengan menahan keinginan atau hasrat untuk berbelanja.

"Harus dicukup-cukupkan, tahan dulu kebutuhan atau keinginan untuk beli pulsa, jajan, belanja dihilangkan sama sekali, kita harus cukupkan," ucapnya kepada Okezone di Jakarta.

Dia melanjutkan, manusia diciptakan dengan kelebihan kemampuan berpikir. Oleh sebab itu tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan kemampuan berpikir agar mampu mencukupi semua yang diterima tanpa rasa sedikit pun kekurangan. "Kita manfaatkan kemampuan berpikir untuk cukupkan apa yang kita terima," tuturnya.

Meski demikian, apabila sudah telanjur terdesak akibat kekurangan dan kebutuhan keluarga meninggi, maka harus segera mencari penghasilan tambahan. Dapat dilakukan dengan cara mencari pekerjaan sambilan di luar waktu pekerjaan tetap atau reguler.

"Kita kerjakan setelah jam kantor atau libur, supaya jangan sampai minus setiap bulannya. Kalau minus siapa yang bayar. Gali lobang sendiri," terang dia.

Dia menegaskan, gaji UMR tersebut dirasa sudah sangat lebih dari cukup bila mampu mengendalikan diri. Walaupun masih banyak beberapa orang yang susah mengontrol hasrat keinginan diri sendiri terhadap suatu kebutuhan.

"Mengendalikan diri katanya susah, padahal atur diri sendiri yang susah. Uang itu patuh sekali. Manusia yang susah diatur," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini