Share

Arsitek Dubai Sulap Tempat Pembuangan Sampah Jadi Cagar Alam

Fhirlian Rizqi Utama, Okezone · Selasa 29 Maret 2016 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 28 470 1347287 arsitek-dubai-sulap-tempat-pembuangan-sampah-jadi-cagar-alam-BFZeURTuDX.jpg Wasit Natural Reserve Visitor Centre (Foto: inhabitat)

SHARJAH - Perusahaan arsitek yang berbasis di Dubai yakni X Architects berhasil menyulap sebuah tempat penampungan limbah sampah yang cukup besar menjadi sebuah tempat cagar alam.

Seperti dikutip dari Inhabitat, Selasa (29/3/2016), proses revitalisasi daerah tersebut terletak di Sharjah, yang dimulai pada 2005 dengan menghilangkan sekira 40 ribu meter persegi sampah.

Kemudian sekira 35 ribu pohon ditanam kembali untuk menyelamatkan kembali tanah yang sudah tercemar oleh bahan kimia yang beracun. Selain itu, cagar budaya tersebut juga telah menjadi rumah bagi 350 spesies burung.

Wasit Natural Reserve (WNR) Visitor Centre menjadi fasilitas utama bagi para pengamat dan peneliti. Di dalam cagar budaya tersebut juga memiliki area konservasi yakni berupa dataran garam.

Proyek menggunakan topografi agar dapat meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Terdapat juga ruang dan jalur bawah tanah dengan dinding sepenuhnya tersebut dari bahan transparan yang memungkinkan mereka seolah sedang berada sebuah habitat burung.

(dhe)

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini