Share

3 Software dan Aplikasi Anak Bangsa yang Mendunia

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Kamis 09 Juni 2016 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 09 320 1410525 3-software-dan-aplikasi-anak-bangsa-yang-mendunia-vvl331rv78.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah, melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM menyadari perlindungan yang maksimal terhadap Kekayaan Intelektual (KI), termasuk di antaranya Hak Cipta software komputer tidak saja akan memberikan dampak positif terhadap citra Indonesia, namun secara langsung dan tidak langsung akan membantu meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja.

Berdasarkan catatan yang diterima Okezone, Jakarta, Kamis (9/6/2016), saat ini telah berkembang berbagai software atau program komputer hasil karya cipta anak bangsa yang karyanya telah diakui dunia dan memperoleh penghargaan internasional, di antaranya:

1. Butterfly

Software ini merupakan salah satu hasil karya Tim Antarmuka Institut Teknologi Bandung (ITB). Sistem Butterfly adalah sistem pelaporan lingkungan dengan mudah dan efisien. Software ini telah memenangkan Imagine Cup 2008 untuk kategori Rural Innovation Award di Louvre, Paris, Prancis.

2. Save the Hamster

Aplikasi permainan ini adalah hasil karya mahasiswa Universitas Trunojoyo, Madura. Aplikasi ini telah berhasil menjadi juara kedua dalam kompetisi pembuatan permainan tingkat mahasiswa sedunia, Imagine Cup 2013 di Rusia pada Juli 2013. Permainan ini telah berhasil meraih 250 ribu unduhan dalam kurun waktu dua bulan.

3. Pic Mix

Aplikasi ini memberikan kemampuan bagi para pengguna untuk menggunakan 400 efek foto gratis serta menautkannya ke dalam akun social media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Aplikasi buatan anak bangsa ini juga tersedia dalam Blackberry App World dan sering menduduki peringkat Top 10 dan Top 20 di Google Play.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini