Image

Arebi Dorong Broker Properti Miliki Lisensi

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 30 November 2016, 13:22 WIB
https img z okeinfo net content 2016 11 30 470 1555032 arebi dorong broker properti miliki lisensi JabqC89mzb jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) mendorong agar broker properti bekerja secara profesional. Arebi terus mendorong agar anggota Arebi memiliki sertifikat/lisensi dan surat izin usaha perusahaan perantara perdagangan properti (SIU-P4).

“Jika broker properti bekerja profesional, maka masyarakat pengguna jasa broker properti akan puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga industri broker properti pun akan terus berkembang secara sehat,” ujar Ketua Umum Arebi Hartono Sarwono.

Selain wajib memiliki SIU-P4, kini broker properti juga wajib bersertifikat/ berlisensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti Indonesia (BPI). Dengan memiliki sertifikat/lisensi, broker properti dianggap sudah memiliki kemampuan menjalankan pekerjaan sebagai broker properti.

Di banyak negara, bahkan di negara tetangga Indonesia seperti Malaysia dan Singapura, broker properti harus memiliki sertifikat/lisensi. Keberadaan aturan yang mewajibkan broker properti harus memiliki sertifikat/lisensi di Indonesia juga dianggap penting dengan dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dengan diberlakukan MEA, broker properti asing akan masuk ke Indonesia. Persaingan antar broker pun akan semakin ketat. Sertifikasi/lisensi merupakan salah satu bentuk proteksi pemerintah terhadap profesi agen properti.

Manajer Mutu LSP BPI Tony Herlambang mengatakan, sejak beroperasi pada awal 2016 sampai November, LSP BPI telah mengeluarkan 381 sertifikat/lisensi kepada broker properti (BP) dan diharapkan sampai akhir tahun bisa dikeluarkan 500 sertifikat.

Saat ini LSP BPI baru mengeluarkan sertifikat bagi broker properti (BP), sementara untuk manajemen broker properti (MBP) dan manajemen properti dan investasi (MPI) baru akan dikeluarkan pada 2017 mendatang.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini