Image

Rumah-Rumah dengan Desain Unik di Indonesia

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 11:33 WIB
https img z okeinfo net content 2017 01 13 470 1590490 rumah rumah dengan desain unik di indonesia QdjhoqF8TT jpg Foto: Prabowo/Okezone

JAKARTA – Indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan keberagaman suku bangsa. Hal tersebut menciptkan bangunan-bangunan atau rumah unik sesuai dengan budaya masing-masing wilayah. Berikut 7 rumah dengan desain unik khas Indonesia.

1.Rumah Domes

Bentuk rumah domes sekilas mirip bangunan kubah seperti dalam serial Teletubbies . Rumah domes ini dapat kita temui di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di daerah New Nglepen. Rumah domes terletak di sebuah perkampungan yang semua rumahnya berbentuk kubah. Rumah itu dirancang untuk tahan gempa.

2.Rumah Gurita

Bandung tak hanya memiliki rumah botol, ada lagi rumah unik lain di Bandung, yaitu rumah gurita. Rumah ini menarik perhatian masyarakat karena terdapat patung gurita raksasa pada bagian atap rumah tersebut. Patung gurita hitam raksasa tersebut oleh si pemilik dijadikan sebagai atap untuk ruang makan.

3.Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara

 

Rumah adat unik lain di NTT adalah sao ria tenda bewa moni koanara. Rumah adat ini terletak di Desa Koanara Kelimutu. Seperti mbaru niang yang atapnya menutupi tanah, sao ria tenda bewa moni koanara juga sama, hanya bedanya bahan atapnya terbuat dari ilalang.

 

4.Honai

Rumah adat di Papua yang satu ini memang sungguh unik. Rumah ini disebut rumah honai. Rumah adat ini terbuat dari kayu, hanya atapnya yang khas membuat rumah ini unik. Atap rumah honai berbentuk kubah atau bola dari jerami. Rumah ini bisa ditemukan di Lembah Baliem. Rumah adat ini merupakan rumah adat suku Dani penghuni asli Papua.

5.Rumah Botol

Rumah botol ini berada di Cigadung Selatan, Bandung, Jawa Barat. Yang paling unik dari rumah ini adalah bahan baku rumah ini berasal dari botol bekas. Jumlah botol bekas yang digunakan sebanyak 30.000 buah. Rumah botol ini merupakan salah satu contoh rumah hemat energi dan ramah lingkungan. Karena inovasi yang ada di rumah ini, wajar jika rumah ini memenangkan penghargaan sebagai green design award pada penghargaan BCI Asia.

6.Mbaru Niang

Salah satu rumah adat yang unik di Indonesia adalah mbaru niang, rumah adat dari daerah Nusa Tenggara Timur. Lokasi tepatnya rumah adat ini berada di Desa Wae Rebo, Manggarai, NTT. Rumah ini memiliki keunikan berupa atap yang terbuat dari lontar kering dan atap tersebut menutupi tanah.

7.Rumah Suku Sasak

Rumah adat suku Sasak di NTB atapnya terbuat dari jerami. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Lantai rumah yang terlihat keras seperti semen merupakan tanah liat yang diaduk bersama kotoran kerbau dan abu vulkanik. Rumah adat suku Sasak unik karena atapnya yang berbentuk seperti gunung. Bagian ruangannya dibagi menjadi tiga bagian.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini