Image

Masjid Kayu di Aceh yang Berumur Ratusan Tahun

Syarifudin, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017, 16:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 13 470 1590849 masjid-kayu-di-aceh-yang-berumur-ratusan-tahun-vv8ZnOI1EH.jpg Ilustrasi: Shutterstock

ACEH - Masjid tgk chiek geulumpang minyeuk adalah salah satu masjid tertua di Desa Meunasah Mesjid Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Aceh. Masjid yang terbuat dari kayu ini telah berumur ratusan tahun.

Masjid kayu tersebut didirikan sekitar tahun 1813 masehi dan menurut cerita masyarakat setempat, pembangunan Masjid ini cukup unik karena semua bagiannya terbuat dari kayu yang di ukir lalu di ikat dengan tali.

Masjid ini didirikan dengan jalan mufakat atau musyawarah antara imam, khatib dan bilal. Menurut keterangan kepala desa setempat, masjid ini awalnya hendak di bangun di kawasan tgk di lampoh, namun setelah bahan untuk membangun Masjid ini di siapkan, bahan bahan tersebut menghilang di lokasi.

Setelah kejadian ini terjadi beberapa kali, akhirnya masyarakat beserta imam, khatib dan bilal memutuskan untuk membangun Masjid tersebut di desa Meunasah Mesjid. Uniknya lagi pola pembangunan Masjid ini tidak menggunakan paku tetapi masjid ini di bangun dengan pola pengeboran lalu di masukkan kayu ke dalam ukiran, selain itu kayu atapnya di ikat dengan tali begitu juga dengan ukiran dan bentuk keindahan di Mesjid ini di ukir dengan cara tradisional.

Bentuk fisik dan pemanfaatan sebuah masjid bisa menjadi cerminan kebudayaan daerah di mana Masjid itu dibangun, Masjid ini tak hanya menjadi tempat melaksanakan ibadah dan bersyiar, tapi juga sebagai tempat berunding dan musyawarah bahkan pada zaman kolonial dulu Masjid ini juga jadi tempat berlindung dan mengatur strategi perang.

Syarifuddin kepala desa meunasah Mesjid juga menjelaskan bahwa, Masjid ini sempat terbengkalai beberapa tahun lalu namun setelah dilakukan renovasi seperti di bagian atap lantai dan pagar, Masjid ini sudah berfungsi kembali seperti biasanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini