Image

Plafon Rumah, Baiknya Pilih Tripleks atau Gypsum?

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 18:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 17 470 1621472 plafon-rumah-baiknya-pilih-tripleks-atau-gypsum-aaDgKzqBKp.jpg Ilustrasi : Okezone

TANGERANG - Plafon pada rumah memiliki banyak fungsi. Mulai dari agar debu-debu dari atas rumah tidak langsung jatuh mengotori ke lantai, menutup konstruksi rangka atap sehingga terlihat rapi jika dilihat, menambah kesejukan ruangan secara alami, bahkan bisa memperindah arsitektur langit-langit rumah.

Selama ini, kebanyakan orang memanfaatkan bahan tripleks sebagai plafon rumahnya. Namun ada juga yang menggunakan bahan lebih mahal seperti papan gypsum.

Lantas, lebih hemat mana plafon rumah yang menggunakan triplek atau papan gypsum?

Technical Relation & Product Supervisor PT Petrojaya Boral Plasterboard Rahmawan K Gunawan mengatakan awet atau tidaknya plafon rumah, tergantung dari selera masing-masing. Namun, salah satu kelebihan papan gypsum adalah mampu memberikan hasil akhir yang lebih rata ketimbang triplek.

"Salah satu kelebihan gypsum karena dia memberikan hasil finishing yang rata smooth lebih flat dibandingkan triplek," ujarnya kepada Okezone saat ditemui di Rumah Jayaboard, Tangerang.

Kemudian juga bahan daripada papan gypsum itu sendiri terbilang ringan. Sehingga, tidak akan memberikan beban kepada plafon rumah.

Dari segi harga, harga gypsum memang lebih mahal daripada tripleks. Namun, harga gypsum juga bergantung daripada tipenya, ada yang tipe standar, ada pula yang setingkat lebih tinggi lagi.

Meski demikian, itu semua bergantung pada selera konsumen akan papan gypsum. Baik itu dari segi kebutuhan atau dilihat dari segi estetika. "Nah estetikanya itu yang tidak bisa dicapai oleh tripleks," sambungnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini