Asuransikan Rumah Dari Banjir? Cek Ini Dulu!

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 470 1626334 asuransikan-rumah-dari-banjir-cek-ini-dulu-rjm829fRB8.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Perusahaan asuransi di Indonesia saat ini sudah banyak yang menyediakan asuransi bagi rumah yang mengalami kerugian akibat banjir.

Hal itu pun dapat dimanfaatkan bagi pemilik rumah agar saat terpaksa menelan kerugian akibat dilanda banjir ada pihak yang mampu mengover kerugian yang dialaminya.

Namun, untuk mengajukan asuransi banjir diakui Executive Director Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor tak semudah mengajukan asuransi kebakaran. Sebab perusahaan asuransi akan lebih memperketak prosedur.

"Pihak asuransi sangat selektif untuk memberikan tambahan asuransi banjir ini, karena mereka pada umumnya tidak mau mengover daerah-daerah yang setiap tahun kena banjir," jelasnya kepada Okezone.

Namun, bukan berarti perusahaan asuransi menutup diri terhadap pihak yang mengajukan asuransi banjir meski rumahnya merupakan langganan banjir, namun harus ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

"Ya, yang sudah langganan banjir mereka nggak mau karena mereka meminta, kalau pun mau diasuransikan dia harus menunjukkan apa yang disebut dengan brief improvement," terang Noor.

Dia menambahkan, maka bagi pihak yang ingin mengasuransikan rumahnya dari bencana banjir mesti ada perbaikan di kawasan rumahnya demi mencegah datangnya banjir lagi di kemudian hari.

"Jadi, ada perbaikan risikonya dulu baru kemudian mau menjamin. Tapi kalau setiap tahun dan nggak ada perbaikan risikonya, asuransi nggak mau biasanya," pungkasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini