nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makin Padat, Jawa Bakal Jadi Pulau Kota di 2035

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 25 April 2017 16:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 25 320 1675995 makin-padat-jawa-bakal-jadi-pulau-kota-di-2035-qoySe9mCYM.jpg Ketua Umum MP3I (Foto: Trio Hamdani/Okezone)

JAKARTA - Kebutuhan tempat tinggal dari waktu ke waktu terus bertambah. Namun, keterbatasan lahan membuat permukimanan menjadi semakin padat. Oleh karenanya, cara paling efektif menghadapi kondisi tersebut adalah dengan membangun hunian vertikal.

"Kita melihat Jawa ini diperkirakan tahun 2035 akan menjadi pulau kota (perkotaan padat). Sehingga untuk menata Jawa menyediakan rumah bagi penduduk di Jawa tidak ada cara lain kecuali mendorong pengembangan rusun (rumah susun)," kata Ketua Umum Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia (MP3I) Noer Soetrisno di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Salah satu cara yang mesti dilakukan, menurutnya ialah dengan mengadakan peraturan daerah (Perda) tentang rusun. Sehingga dengan adanya Perda tersebut diperuntukan mengatur masalah yang kerap dihadapi dalam pembangunan dan pengelolaan rumah susun.

"MP3I mendukung pemerintah daerah dalam program 1 juta rumah melalui Perda rumah susun. Dengan itu paling tidak akan terjadi akselerasi penghunian rumah susun yang ada dan memberikan perspektif yang jelas bagi calon penghuni maupun calon investor yang selama ini udah mulai tertarik," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, meskipun penghuni rusun sejauh ini sudah diberi perlindungan oleh undang-undang konsumen, namun peraturan tersebut belum mampu seutuhnya memberi perlindungan kepada konsumen.

"Sehingga kami pilih bicarakan hal yang mungkin tak terlalu ramai. Tapi dalam skala masalah sosial sudah muncul. Karena sebetulnya konsumen udah diprotek undang-undang konsumen tapi ketika masuk ke rusun masih ada kesenjangan ketiadaan aturan yang mengoperasionalkan itu," tambahnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini