nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun 2 Pabrik Baru, Sariguna Primatirta Anggarkan Capex Rp140 Miliar

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 05 Mei 2017 11:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 05 278 1683852 bangun-2-pabrik-baru-sariguna-primatirta-anggarkan-capex-rp140-miliar-s82dr9dywJ.jpg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) 2017 sebesar Rp140 miliar.

Modal tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun dua pabrik baru yang berlokasi di Kendari, Sulawesi Tenggara, dan Ungaran, Jawa Tengah. Perusahaan yang bergerak di bidang air minum dalam kemasan (AMDK) berencana membeli mesin baru untuk menunjang operasional.

Direktur Keuangan Sariguna Primatirta Lukas Setio Wongso mengatakan bahwa dana belanja modal tersebut dihimpun dari dana hasil penawaran umum perdana (IPO). Sisanya, perseroan akan menggunakan dana kas internal perusahaan.   

Seperti yang telah diketahui bahwa produsen merek Cleo tersebut hari ini resmi melantai di pasar modal. Dengan melepas 450 juta lembar saham kepada publik, perseroan menargetkan raihan dana segar Rp51,7 miliar.

“Kita akan membuka dua pabrik di Ungaran dan di Kendari, Sulawesi. Kemudian kita juga akan melakukan pembelian untuk mesin baru, itu dari hasil IPO ini tadi,” terangnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, (5/5/2017).

Hingga saat ini, Perseroan telah memiliki 19 pabrik dengan total kapasitas 1,6 miliar liter ton 2017. Dengan penambahan dua pabrik baru ini maka perseroan menargetkan peningkatan kapasitas sebesar 5%-10%.

Pabrik Ungaran akan beroperasi bulan Mei sedangkan pabrik Kendari Sulawesi Tenggara akan beroperasi pada Juni.

“Rata-rata untuk satu pabrik nilai investasinya berkisar Rp10 miliar-Rp20 miliar,” tambahnya.

Selain itu, perseroan juga berencana untuk melakukan ekspansi ke produk makanan dengan mengeluarkan produk makanan ringan dan biskuit. Usaha tersebut dilakukan perseroan untuk meningkatkan perolehan penjualan.

“Dengan penambahan pabrik dan ekspansi produk maka perseroan menargetkan penjualan sebesar Rp751 miliar dan laba bersih Rp47 miliar tahun ini,” tambahnya.

Sementara itu, pada kuartal I 2017 perseroan mencatat penjualan sebesar Rp139 miliar atau naik sebesar 20% dari penjualan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan market share produk air minum Cleo sebesar 3%-4 %.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini