Tips Motivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

Agregasi Minggu 21 Mei 2017 23:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 19 320 1695660 tips-motivasi-karyawan-untuk-meningkatkan-kinerja-tIDkdcv0Rq.jpg Ilustrasi (shutterstock)

TUGAS dari atasan atau pimpinan sebuah perusahaan tentunya untuk memimpin perusahana tersebut agar tetap dapat berjalan sebagaimana tujuannya. Namun dilain itu, terdapat tugas penting seorang atasan yang perlu ketahui.

Seorang pemimpin atau atasan tentunya memiliki kewajiban untuk memotivasi karyawan-karyawannya. Terkadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan tingkat kinerja karyawan menjadi menurun. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi efektivitas perusahaan. Sehingga fungsi dari atasan disini harus mampu memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja nya. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu agar dapat memotivasi karyawan-karyawan anda.

1. Mendengarkan dan menghargai ide-ide karyawan

Cara terbaik untuk memotivasi karyawan adalah menjadi atasan yang mau mendengarkan dan menghargai pendapat atau ide dari karyawan. Tentunya setiap orang ingin pendapatnya didengarkan, tidak terkecuali karyawan. Cobalah untuk menyisihkan waktu untuk mendengarkan segala pendapat dari karyawan tanpa terkecuali, hal ini dapat membuat anda menjadi pemimpin yang bijaksana dan berwibawa.

Perusahaan dapat dikatakan menjadi perusahaan yang baik apaabila memberi kesempatan bagi karyawan-karyawannya untuk mengembangkan ide-ide yang mereka miliki. Sehingga sebisa mungkin harga setiap ide-ide baru yang diberikan oleh karyawan-karyawan anda.

2. Apresiasi sekecil apapun kinerja yang dihasilkan

Sebagai pemimpin sudah semestinya anda memperhatikan peningkatan kerja dari setiap karyawan anda, baik dalam skala besar maupun kecil sekalipun akan lebih baik sekalipun. Selama hal tersebut merupakan hal yang positif, anda harus tetap mengapresiasinya. Pemberian penghargaan seperti ini akan sangat penting bagi mereka sehingga dapat meningkatkan motivasi mereka untuk bekerja lebih giat.

Sebagai atasan yang baik, jangan hanya menuntut karyawan untuk selalu meningkatkan kualitas kerja saja namun juga perlu memberikan evaluasi dari apa yang telah mereka kerjakan.

3. Jangan mengkritik atau mengkoreksi

Kritikan dan koreksi memang diperlukan agar membuat hasil pekerjaan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun akan lebih baik jika sebagai atasan, anda menggunakan pendekatan secara tidak langsung pada karyawan yang melakukan kesalahan. Hal ini ditujukan agar karyawan bisa belajar dari kesalahan yang mereka buat. Sehingga anda bisa terlibat dalam diskusi bersama karyawan untuk mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan yang ada.

4. Pelihara interaksi sosial yang baik

Komunikasi yang baik antara atasan dan karyawan dapat membuat hubungan menjadi lebih baik. Ketika anda bersikap peduli terhadap karyawan anda, maka secara tidak langsung akan membuat karyawan menjadi segan terhadap anda.

Contoh sederhana yang bisa anda lakukan misalnya seperti mengunjungi rumah-rumah karyawan. Kunjungan ini tidak hanya dapat di gunakan untuk menjaga hubungan sosial yang baik dengan karyawan, namun juga dapat membantu anda untuk mengetahui kondisi keluarga dari karyawan. Menurut forbes.com, perilaku atasan yang baik dan positif tentunya akan memberikan pengaruh yang positif pula pada bawahannya.

5. Lakukan Kegiatan Team Building

Sesekali lakukan kegiatan perusahaan diluar jam kantor dan di luar perusahaan. Perusahaan bisa menyelenggarakan kegiatan team bulding untuk semua karyawan-karyawan di kantor. Anda bisa mengisi kegiatan ini dengan beragam game-game yang memicu kreativitas karyawan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan seperti ini. Manfaat utamanya tentunya dapat memicu daya kreativitas karyawan sehingga dapat bekerja dan berpikir dengan lebih giat.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan team work antar karyawan satu dengan lainnya. Selain itu, kegiatan seperti ini juga dapat digunakan untuk merefreshkan diri sejenak dari penatnya pekerjaan yang ada di kantor. Biasanya kegiatan seperti ini berbentuk outbound dan sejenisnya.

6. Membuat suasana kerja yang positif dan menyenangkan

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk memotivasi karyawan-karyawan adalah dengan membuat lingkungan kerja senyaman mungkin. Lingkungan kerja yang nyaman tentunya membuat karyawan menjadi semangat untuk bekerja. Tentunya untuk membuat lingkungan kerja menjadi positif, dapat dimulai dari pimpinannya. Anda sebagai atasan harus terus memelihara pikiran-pikiran positif terlebih dahulu. Dengan karakter positif tersebut tentunya anda bisa membuat suasana kerja menjadi positif dan menyenangkan.

Memotivasi Karyawan Menjadi Kewajiban Bagi Pimpinan

Memotivasi karyawan dapat membuat kinerja mereka menjadi meningkat. Hal ini tentunya membuat kinerja perusahaan ikut meningkat. Selain itu, memotivasi karyawan juga membuat karyawan menjadi betah berada di lingkungan kerja. Setiap pimpinan tentunya memiliki cara tersendiri dalam memotivasi karyawannya, namun hal tersebut harus anda lakukan secara konsisten agar mencapai hasil yang maksimal.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini