Image

Demo Nelayan, Menteri Susi: Penggunaan Cantrang Berakhir Desember Tahun Ini!

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017, 18:25 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 11 320 1733892 demo nelayan menteri susi penggunaan cantrang berakhir desember tahun ini a6ewJcbOQD jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini melakukan rapat dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk membahas penyempurnaan anggaran 2018.

Sebelum membahas penyempurnaan anggaran, Menteri Susi diminta oleh pimpinan rapat Edhy Prabowo untuk menanggapi demonstrasi nelayan yang menolak kebijakan cantrang. Menteri Susi mengatakan, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), pihaknya memperbolehkan penggunaan cantrang hingga akhir Desember 2017. Sehingga, para pemilik kapal harus segera mengganti alat tangkap pengganti cantrang yang lebih ramah lingkungan.

"Menanggapi situasi demo hari ini, sesuai dengan kesimpulan presiden, dan KSP, penggunaan cantrang berakhir di akhir bulan Desember 2017," ujar Susi di Ruang Rapat Komisi IV DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Susi melanjutkan, untuk kapal dengan ukuran di bawah 10 GT akan difasilitasi KKP penggantian alat tangkap cantrang. Sedangkan untuk kapal-kapal besar di atas 30 GT dapat memanfaatkan fasilitas kredit dari Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membeli alat tangkap baru.

"Kapal di bawah 10 GT kami beri alat tangkap. Kapal-kapal besar difasilitasi oleh BNI dan BRI dalam pengalihan alat tangkap cantrang ke alat tangkap lainnya," jelas Susi.

Sebelumnya, pada hari ini, sejumlah nelayan melakukan aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta. Para nelayan menolak kebijakan Menteri Susi tentang larangan penggunaan cantrang.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini