Image

Ingin Ikut CPNS? Gaji Pokok yang Ditawarkan Rp2,5 Juta untuk Tamatan SMA!

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017, 06:48 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 14 20 1736675 ingin ikut cpns gaji pokok yang ditawarkan rp2 5 juta untuk tamatan sma qmsxzZHPHm jpg Ilustrasi: (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Pemerintah resmi membuka penerimaan 19.210 calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017. Jumlah tersebut terdiri dari 1.684 CPNS di lingkungan Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Jika dilihat, setiap kali lowongan CPNS dibuka, antusias masyarakat untuk mendaftar sangat tinggi. Bahkan, ada yang bilang bahwa jadi PNS hidup menjadi sejahtera.

Sebenarnya berapa pendapatan atau gaji yang diterima jika jadi PNS, utamanya di lowongan yang sedang buka, yakni di Kemenkumham dan MA?

Kepala Bagian Komunikasi dan Informasi Publik Suwardi mengatakan, sebenarnya gaji pokok CPNS untuk semua instansi negara sama saja. Hanya untuk CPNS disesuaikan dengan level pendidikannya.

"Kalau SLTA itu di kisaran Rp2,5 juta, sementara untuk tingkat S-1 Rp3 juta. Itu gaji pokok belum tunjangan," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dialakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya. Sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak mana pun.

Untuk itu, kata Asman, mendaftar dan ikutilah persyaratan yang sudah ditetapkan. Jangan memercayai apabila ada pihak-pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam penerimaan CPNS.

"Informasi resmi terkait pendaftaran dan penjadwalan bisa diakses mulai hari ini, paling lambat jam 24.00 WIB. Bisa dilihat juga di situs www.menpan.go.id, atau situs BKN di https://sscn.bkn.go.id. Selain itu di mahkamahagung.go.id, dan kemenkumham2017.go.id," tuturnya.

Dia menambahkan, seperti halnya tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

"Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.I'd pada 1-31 Agustus," tuturnya.

Berikut ini formasi calon PNS yang bisa didaftar:

1. Untuk MA dibuka 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama, peradilan tata usaha negara dengan kualifikasi sarjana hukum, syariah, dan hukum Islam.

2. Untuk Kemenkumham dibuka 17.526 calon PNS untuk 21 jabatan yang terdiri dari:

a. 14.000 untuk penjaga tahanan dengan kualifikasi SLTA sederajat yang menguasai komputer.

b. 2.278 untuk analisis keimigrasian dengan kualifikasi sarjana/S-1 dari beberapa jurusan.

c. 1.248 untuk 19 jabatan teknis lain dengan kualifikasi Sarjana/S-1 dan D-3 dari beberapa jurusan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini