Image

Melihat Kondisi Keuangan Negara, Pemindahan Ibu Kota Bukan Prioritas!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 19:37 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 17 470 1738462 melihat kondisi keuangan negara pemindahan ibu kota bukan prioritas 7tmVA3coPP jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota makin serius lakukan oleh Pemerintah. Pasalnya Kementerian PPN/Bappenas bahkan telah mengusulkan anggaran tambahan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk melakukan kajian awal.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto menilai rencana pemindahan ibu kota negara saat ini bukanlah skala prioritas. Pasalnya, kondisi keuangan negara saat ini tidak memungkinkan untuk merealisasikan rencana bahkan wacana pemindahkan ibu kota yang kembali mengemuka.

”Masih banyak hal yang jauh lebih penting harus diurus. Kondisi keuangan negara saat ini tidak memungkinkan, banyak anggaran kementerian yang berhubungan dengan Program dengan Nawacita saja mengalami pemotongan berkali-kali,” ungkapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, jika wacana ini kembali mengemuka, ini diduga pihak Bappenas sedang mencari panggung. Karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan Pemerintah dari pada sibuk memindahkan ibu kota.

"Presiden sendiri tidak terlalu serius kok. Saya sependapat jika ada yang berpendapat beban Jakarta sudah berat sebagai ibu kota negara, namun mengingat kondisi keuangan negara yang sangat tidak memungkinkan saat ini, maka pemindahan ibu kota negara adalah ilusi dan mimpi,” tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini