Image

Cerita Nelayan di Tegal: Kesulitan Pasarkan Ikan karena Cantrang

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 16:52 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 18 320 1739139 cerita nelayan di tegal kesulitan pasarkan ikan karena cantrang sSEIufqSQF jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menemukan beberapa nelayan di Kota Tegal yang sudah tidak lagi menggunakan cantrang. Sehingga, Kementerian KKP memberikan izin beroperasi kepada para nelayan tersebut untuk beroperasi di perairan laut Arafuru.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian KKP Syarif Widjaja mengatakan beberapa nelayan yang sudah beralih alat tangkap Cantrang tersebut justru mendapatkan ikan yang lebih bagus dan banyak. Akan tetapi terdapat masalah lain yaitu, ikan-ikan hasil tangkapan sulit untuk dipasarkan. Pasalnya, pasar di daerah Tegal tidak terbiasa untuk membeli ikan-ikan dengan kualitas bagus.

"Ada rekan pemilik cantrang yang sudah berpindah, mereka di beri untuk beroperasi di laut Arafuru. Mereka mempunyai kesulitan baru yaitu pemasaran. Karena Tegal itu tidak terbiasa dengan ikan-ikannya yang berkualitas tinggi," ujarnya di Kantor Kementerian KKP, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Untuk menanggulangi masalah tersebut, lanjut Syarif, pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara untuk memfasilitasi para nelayan tersebut. Hal tersebut agar tidak adalagi keluhan terkait pemasaran oleh nelayan yang mengambil ikan di laut Arafuru.

"Kita mengundang BUMN dan swasta untuk segera berangkat supaya hasil nelayan ex cantrang bisa dipasarkan," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini