nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luar Biasa! Perusahaan Sendal Jepit Ini Siap Ekspansi ke Penjuru Dunia

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 11:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 21 320 1741247 luar-biasa-perusahaan-sendal-jepit-ini-siap-ekspansi-ke-penjuru-dunia-dfiVAHd9GM.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Setelah masuknya investasi senilai USD1,1 miliar pada pertengahan Juli, Alpargatas –perusahaan yang memproduksi sandal Havaianas– berharap semakin berkembang. Investasi baru itu juga akan mendukung ekspansi Havaianas ke berbagai penjuru dunia.

Cambuhy Investimentos Ltda, Itausa (Investimentos Itau SA), dan Brasil Warrant Administracao de Bens e Empresas SA membeli saham Alpargatas dari J&F Investments. Masuknya dana segar tersebut akan memberikan semangat baru untuk mengibarkan bendera Havaianas. “Pemilik baru perusahaan akan memperkuat brand dan meningkatkan pertumbuhan pendapatan,” kata CEO Alpargatas Marcio Utsch.

Dia mengungkapkan, pemegang saham baru itu dikenal sukses dalam bisnis keuangan, industri, dan perdagangan. “Mereka (investor baru) telah memiliki kontribusi banyak kepada Alpargatas yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Mereka juga memiliki pengetahuan dalam hal manajemen produk, brand, dan sumber daya manusia,” ujar Utsch, dilansir Footwear News.

Dia mengaku sangat senang dan gembira. “Kita memiliki tataran manajemen yang baru. Saya ingin melihat berbagai langkah evolusi. Kita akan membuat Alpargatas menjadi perusahaan yang lebih baik dalam petualangan ini,” ungkapnya. Sebelumnya, J&F Investments, perusahaan yang menguasai saham Alpargatas SA, mengumumkan penjualan sahamnya oleh Cambuhy Investimentos Ltda, Itausa (Investimentos Itau SA), dan Brasil Warrant Administracao de Bens e Empresas SA.

Hasil penjualan saham itu, akan digunakan keluarga Batista yang menguasai J&F Investments, untuk membayar utang. Selama ini, Alpargatas dikenal sebagai produsen sandal Havaianas yang biasa digunakan di pantai. Banyak selebriti yang kerap menggunakan Havaianas, mulai dari Jennifer Aniston, Gwen Stefani, Kim Kardashian West, dan Selena Gomez.

Popularitas Havaianas juga terus berkembang. Ekspansinya juga terus melebar ke berbagai belahan dunia. Siapa yang memulai ekspansi Havaianas? Utsch memulai ekspansi ke jaringan global pada 2008. Dia mampu menjadikan Havaianas sebagai ikon produk global Brasil yang dikenal dunia. Padahal, awalnya, ekspansi globalnya hanya bersifat coba-coba.

“Kita telah merasakah buah dari strategi yang kita terapkan. Kita juga telah mengorbankan keuntungan operasional sehingga bisa berinvestasi di luar negeri,” ujar Utsch, dilansir Reuters . Dia mengungkapkan bahwa produk yang sukses tentunya tidak hanya dijual di negara, di mana produk itu diproduksi. “Kita tidak boleh bergantung dengan pasar Brasil,” imbuhnya. Ekspansi Havaianas ke Eropa, Amerika Serikat (AS), dan Asia tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan inovasi.

Havaianas memang dikenal dengan desain dan warna sandal yang menarik dan mampu merepresentasikan iklim dan budaya Brasil. Dunia mengenal Brasil dengan negara penuh warna, kegembiraan, dan produk sederhana, di mana semua hal itu terepresentasi pada Havaianas. Hal paling menarik, Utsch mengenalkan Havaianas ke negara dengan iklim yang dingin.

Dan ternyata, sandal tersebut juga laku terjual dan menjadi ikon fesyen. Havaianas juga diposisikan sebagai sandal jepit yang mahal di luar Brasil. Tetapi, di Brasil, Havaianas tetap dikenal sebagai sandal semua kelas sosial. “Kita bisa menjual Havaianas yang dianggap sebagai produk semua kalangan di Brasil. Kita juga bisa menjual Havaianas sebagai produk premium di luar negeri,” ungkap Utsch.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini