Image

Sssttt... Ternyata Ada Pesan Tersembunyi di Logo Merek Terkenal

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 10:40 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 18 320 1738727 sssttt ternyata ada pesan tersembunyi di logo merek terkenal zAuMdTzcP7 jpg Foto: Koran SINDO

JAKARTA - Logo menjadi identitas penting bagi setiap perusahaan. Selain sebagai tanda pengenal, logo kerap menjadi ciri khas bagi setiap produk yang dihasilkan.


Tapi tahukah Anda apabila di balik logo perusahaan-perusahaan tersebut kerap tersembunyi pesan khusus atau hidden message? Berikut pesan-pesan tersembunyi sejumlah logo merek terkenal.

1. McDonald's

Saat perusahaan ini mencari logo baru pada 1960, mereka berkonsultasi ke seorang psikolog Louis Cheskin. Ia menyarankan The Golden Arch artinya dipercaya dan dihargai dan juga secara tidak langsung mewakili huruf M dari McDonald's. Tapi tahukah Anda bahwa Golden Arch itu juga mencerminkan dada membusung yang bisa membuat konsumen lapar?

2. Mitsubishi

Basis dari logonya memang berasal dari keluarga Iwasaki, pendiri dari perusahaan Mitsubishi. Logo tersebut terdiri dari tiga berlian yang dihubungkan satu sama lainnya. Dan berlian tersebut memiliki arti ‘dapat diandalkan, integritas, dan sukses’, sedangkan warna merah memiliki arti ‘percaya diri’.

3. Gillette

Pada awalnya mungkin logo ini hanyalah bertuliskan Gillette. Tetapi, jika diteliti lebih lanjut, ternyata di huruf G dan I ada yang menyerupai bentuk dari pisau cukur dari merek terkenal ini.

4. Google

Mungkin sulit dipercaya, huruf ‘l’ hijau pada logo tersebut mewakili simbol pemberontakan. Huruf tersebut merupakan satu-satunya yang tidak merupakan warna primer, mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut berbeda dengan yang lain.

5. Nike

Seorang mahasiswa bernama Carolyn Davidson hanya dibayar Rp350.000 untuk mendesain logo ini pada 1975. Simbol tersebut merupakan representasi dari sayap seorang Dewi Yunani melambangkan kemenangan yang menginspirasi para prajurit.

6. Pepsi

Di Meksiko dikenal sebuah hari yang dinamakan Hari Kematian, Pepsi pernah merilis produknya dengan logo terbalik seperti di atas. Kebanyakan konsumen mengira hal ini adalah kesalahan belaka, tetapi yang tidak mereka kira adalah di balik logo tersebut akan terlihat ‘isded’, yang mirip seperti ‘is dead’ atau mati.

7. Le Tour de France

Mungkin sudah ratusan kali orang melihat logo Tour de France ini. Tapi apakah orang yang melihat logo ini menyadari apabila ada gambar seorang pembalap sepeda di antara simbol-simbol tersebut? Coba lihat lebih dekat di bagian huruf O, U, dan R.

8. Hyundai

Banyak yang cenderung berpikir bahwa logo dari konglomerat Korea Selatan, Hyundai hanyalah huruf pertama dari namanya. Namun, pada kenyataannya, huruf 'H' melambangkan dua orang, yaitu klien dan perwakilan dari perusahaan yang sedang berjabat tangan.

9. Adidas

Nama Adidas berasal dari pendirinya, yaitu Adolf Dassler. Logo perusahaan ini telah berubah dari waktu ke waktu, tetapi selalu memasukkan unsur tiga garis-garis. Konfigurasi saat ini adalah tiga garis-garis pada sudut yang bersama-sama membentuk segitiga. Ini melambangkan gunung, yang pada gilirannya merupakan tantangan semua olahragawan untuk bisa diatasi.

10. Apple

Rob Yanov, desainer yang membuat logo perusahaan Apple terkenal di dunia, telah menjelaskan bagaimana ide itu datang. Di mana, saat dia membeli apel dengan satu keranjang tas dan memasukkan apel dalam mangkuk, kemudian menggambar sesuatu yang sederhana. Dari situ, baru terpikirkan untuk menggigit apel yang hasilnya terdengar seperti istilah komputer 'byte'.

11. Formula 1

Jika Anda perhatikan dengan teliti di ruang putih antara huruf 'F' dan garis-garis merah di logo Formula 1, Anda dapat melihat jumlah 1. Garis merah logo juga dimaksudkan untuk menjadi representasi grafis dari kecepatan yang dicapai oleh mobil Formula 1.

12. BMW

Dipercaya bahwa bagian tengah logo BMW melambangkan baling berputar dari sebuah pesawat sejalan dengan sejarah awal perusahaan teknologi penerbangan, itu sebenarnya hanya bagian dari bendera Bavaria, wilayah Jerman, di mana perusahaan berasal.

13. Coca-Cola

Dalam logo Coca-Cola Company, ada ruang antara huruf 'O' dan 'L', yang salah satunya dapat dengan jelas melihat bendera Denmark. Gambar yang kebetulan itu digunakan perusahaan sebagai bagian untuk kampanye pemasaran di negara Skandinavia.

14. Chanel

Pembuatan logo ini bisa dibilang memiliki cerita spesial dan romantis. Jadi Coco Chanel menggambar sendiri logo tersebut saat ia sedang menginap di Château Crémat di Nice, Prancis. Menurut legenda, simbol terkenal tersebut terinspirasi dari lekukan-lekukan di dinding kastil tersebut. Dan inisial CC tersebut merupakan representasi dari nama Coco dan kastil Château Crémat tersebut.

15. FedEx

Kebanyakan orang tidak akan sadar, padahal di antara huruf E dan X ada sebuah panah. Panah tersebut memang simbol tersembunyi yang ditujukan untuk para konsumennya yang secara tak sadar menyimbolisasi bahwa kurir FedEx memiliki kecepatan dan kepercayaan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini