Durian Lokal vs Impor, Mana Paling Laku?

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 29 Juli 2017 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 320 1746035 durian-lokal-vs-impor-mana-paling-laku-z0DPTPBUyi.jpg Foto: Trio Hamdani/Okezone

JAKARTA - durian lokal maupun impor memiliki keunggulan masing-masing di mata konsumen. Namun, di antara keduanya ada yang paling unggul karena penggemarnya lebih banyak. Lantas mana yang paling diburu penyuka durian, khususnya Montong? Lokal atau Impor?

Gunawan, seorang pedagang durian yang sudah berdagang selama 10 tahun meneruskan bisnis sang ayah mengungkapkan, di antara durian lokal dan impor, konsumen lebih jatuh hati kepada durian lokal.

"Kalau konsumen sih kalau termasuk orang yang hobi pasti lebih enak lokal, jauh rasanya ketimbang impor, karena durian lokal menang di legit kalau impor menang di tebel, dagingnya banyak," katanya ketika berbincang dengan Okezone di tokonya, Kalibata.

Baca juga: Gawat! Harga Durian Termahal dalam 33 Tahun Terakhir, Tembus hingga Rp2,5 Juta

Meski berdaging tebal dan banyak dibandingkan durian Montong lokal, rupanya, kata dia durian Montong impor dari segi rasa tak senikmat produk lokal. Alhasil, konsumen lebih tertarik dengan durian lokal. "Kalau durian Montong impor, rasanya banyak konsumen yang enggak suka beda sama durian yang lokal," akunya.

Dari segi harga pun, kata dia, untuk urusan dompet konsumen, lebih bersahabat durian lokal ketimbang durian yang kebanyakan diimpor dari Malaysia dan Thailand. durian lokal harga rata-rata senilai Rp65 ribu per buah. Sementara, untuk impor, konsumen harus merogoh kocek lebih dalam, yakni Rp95 ribu per buah.

Baca juga: Musim Durian, Intip Harga Montong dan Cara Memilihnya

"Tetapi banyak juga yang impor ikutin musim. Kalau lagi enggak musim harganya bisa naik lagi karena dari negara sananya sudah mahal waktu enggak musim," paparnya.

Dia pun menambahkan, meskipun durian impor tak setenar durian lokal, khususnya dari segi rasa, namun laku atau tidaknya, bergantung musiman. Jika musimannya lebih banyak durian impor beredar maka dia lebih banyak dibeli, begitu pun sebaliknya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini