nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar Pertemuan, Pakistan Cari Solusi Tingkatkan Ekspor ke Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 13:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 11 320 1753962 gelar-pertemuan-pakistan-cari-solusi-tingkatkan-ekspor-ke-indonesia-qbOWvErUSM.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan hari ini melakukan pertemuan dengan perwakilan Pemerintah Pakistan di Hotel Mandarin. Pertemuan tersebut merupakan ajang untuk mereview Prefential Trance Agreement (PTA) antara Indonesia-Pakistan yang sudah berjalan sejak 2013.

Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo mengatakan inti dari pertemuan tersebut adalah mencari solusi atas masalah kerja sama perdagangan antara kedua negara. Khususnya mencari solusi untuk defisit yang terjadi pada ekspor Pakistan ke Indonesia.

Baca juga: Lewat Misi Dagang, Ekspor ke Kawasan Eurasia Digenjot!

Sehingga pertemuan ini dimaksudkan sebagai confidence building messages (membangun kembali kepercayaan). Hal ini agar kerja sama PTA Indonesia Pakistan bisa terus berlanjut bahkan bertambah.

"Pertemuan ini sebagai confidence building messages karena mereka berpikir bagaimana mau expand orang sekarang saja kita sudah rugi," ujar Iman saat ditemui di Mandarin Hotel, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Baca juga: Mantap! RI Ekspor Bumbu Masak ke Arab Saudi Senilai Rp176,14 Juta

"Jadi intinya begitu. Kita mencari jalan keluar bagi mereka untuk bisa memperbaiki ekspornya, tapi untuk kepentingan kita sendiri juga," imbuhnya.

Menurut Iman, ada beberapa masalah yang dikeluhkan oleh Pakistan yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Khususnya adalah masalah market akses hingga lincensing.

"Sebagian itu masalahnya mereka enggak tahu masalahnya atau prosedurnya. Misalnya tender alat kesehatan mereka enggak tahu itu bagaimana prosedurnya," kata Iman.

Baca juga: Jadikan Pala dan Kelapa Ekspor Nomor 1 di Dunia, Mentan Tengok Pulau Terluar Sulawesi

Iman mengatakan, dari hasil pertemuan tersebut, perwakilan Pakistan mengaku puas dengan solusi yang diberikan oleh pihaknya. Sehingga nantinya akan ada pertemuan lanjutan yang akan dilaksanakan di Pakistan.

"Mereka menyatakan cukup puas dengan pertemuan ini. Nanti akan ditindaklanjuti dalam joint negotiating sebagai langkah awal untuk perluasan dan pendalaman produk apa nih yang akan di-submit di situlah kita akan bertemu di Pakistan. Tapi kita mau fokus produk yang ada potensinya dan nilainya," jelasnya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini