nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perluas Pasar Ekspor, Mendag Incar Afrika hingga Rusia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 19:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 21 320 1760194 perluas-pasar-ekspor-mendag-incar-afrika-hingga-rusia-fgjlZ2UxBX.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan saat ini tengah gencar meningkatkan nilai perdagangan pada berbagai negara. Pasar ekspor pun terus diperluas oleh pemerintah.

Perdagangan pada beberapa negara di Afrika dan Eropa turut menjadi bidikan dari pemerintah. Negara raksasa seperti Rusia juga turut menjadi bidikan bagi peningkatan nilai perdagangan Indonesia.

"Dengan Rusia juga kita tingkatkan," kata Menteri Perdagangan Engartiasto Lukita di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Baca Juga:
Pacu Ekspor! Menperin Bakal Temui Sri Mulyani Bahas Pajak Sedan

Ekspor ke Pakistan, Indonesia Raup Rp1,8 Miliar

Pelaku bisnis Rusia memang sangat menaruh hati untuk bermitra dengan Indonesia. Pasalnya, terdapat lebih dari 300 pelaku bisnis yang sebagian besar berasal dari Rusia bergabung dalam forum Indonesia-Rusia.

"Semakin nyata gambaran potensi bisnis yang perlu digarap oleh Indonesia untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan Rusia maupun Eurasia. Saya menyambut baik antusiasme mereka yang sangat besar ini," kata Enggar dalam keterangan tertulisnya Minggu, 6 Agustus 2017.

Baca Juga:

Gelar Pertemuan, Pakistan Cari Solusi Tingkatkan Ekspor ke Indonesia

Selain Rusia, Kementerian Perdagangan juga membidik pasar Afrika. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebelumnya juga  telah melakukan kunjungan kerja ke Afrika Selatan pada Juli lalu.

"Afrika, pasar yang sedang kita tingkatan," ungkapnya.

Nilai perdagangan Indonesia dengan Afrika Selatan mencapai sekira USD1 miliar dengan surplus USD437 juta. Enggar pun menyambut baik tawaran dari Afrika terkait diversifikasi produk dalam kerjasama perdagangan.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini