nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raih Investment Grade dari 3 Lembaga, Sri Mulyani: Kita Bisa Jual SUN dengan Bunga Rendah

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 04 September 2017 14:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 04 20 1768941 raih-investment-grade-dari-3-lembaga-sri-mulyani-kita-bisa-jual-sun-dengan-bunga-rendah-ilcVJw9zQS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah Indonesia diganjar invesment  tiga lembaga pemeringkat dunia yakni Fitch Rating, Moody Service, Standard and Poors, biaya pinjaman utang menjadi murah. Hal itu terlihat dari imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) yang turun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia telah mendapat invesment grade dari tiga rating agency, di mana pemeringkat yang terakhir diberikan adalah S&P.

Baca Juga: Manfaat Utang Rp3.779,98 Triliun, Sri Mulyani: Dari MRT hingga Waduk Jati Gede

"Ini perjuangan panjang dari pemerintah sebelumnya, sehingga kenaikan S&P menjadi komplit. Ini artinya dengan tiga pemeringkat ini ada potensial dana investasi yang selama ini tidak masuk ke RI dengan status 3 rating ini mereka mampu dan sekarang masuk. Karena selama ini untuk investasi mereka ada tata kelola, mereka akan konservatif mencari surat berharga yang sudah mendapat tiga rating itu," ujarnya, di Komisi XI, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Baca Juga: Catat! Sri Mulyani Pastikan Utang Rp3.779,98 Triliun Dimanfaatkan untuk Hal Produktif

Sri Mulyani mengatakan, jika biasanya investor sulit masuk karena sebelumnya Indonesia hanya diganjar oleh dua pemeringkat, sekarang dengan tiga investement grade ini, surat utang dengan suku bunga kecil bisa diperoleh.

"Dengan tiga layak investasi kita bisa menekan imbal hasil SUN kita, SUN 5 tahun turun 50 bps, SUN 10 tahun turun 0,3% atau 30 bps, SUN 15 tahun bahkan mendekati 70 bps, dan 20 tahun turun 43 bps," tuturnya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Utang Negara Dipakai untuk Pendidikan hingga Infrastruktur

"Kemudian, SUN dalam valas kita menekan 21 bps untuk 10 tahun dan 26 bps untuk 30 tahun. Ini artinya apa kalau SBN Domestik dengan peningkatan investment grade kita dapat Rp2,47 triliun per tahun biaya lebih kecil untuk SBN Rupiah," ujarnya.

Menurut Sri, capaian tiga invesment grade ini menggambarkan kredibilitas maupun kemampuan mengelola utang negara yang semakin baik dari biaya hemat utang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini