Image

Soal Bandara Pondok Cabe, Kemenhub: Masih Ada Kendala Sosial

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 21:37 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 17 320 1777785 soal bandara pondok cabe kemenhub masih ada kendala sosial 86ZXoEaXCY jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komersialisasi Bandara Pondok Cabe belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, Bandara yang terletak di Tangerang Selatan ini harus menyelesaikan kendala sosial dengan masyarakat sekitar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, belum ada perkembangan yang berarti pada Bandara Pondok Cabe tidak ada. Untuk sampai pada tahap komersial, kondisi sosial harus segera diselesaikan terlebih dahulu.

Baca Juga: Bandara Pondok Cabe Jadi Komersial, Dampak Lingkungan Harus Diperhatikan!

"Kalau kita mau memfungsikan suatu bandara menjadi fungsi umum, tentu tidak boleh mengurangi haknya masyarakat yang lain," ujarnya, di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Sayangnya, Agus enggan menjabarkan secara rinci kendala sosial yang tengah di hadapi. Yang terpenting, lanjut dia, konsep komersialisasi Bandara Pondok Cabe masih dimatangkan.

Baca juga: Komersilkan Bandara Pondok Cabe, Asing Bisa Dilibatkan!

"Ini sedang dipikirkan untuk Pondok Cabe," tuturnya.

Sebagai informasi, Bandara Pondok Cabe terletak di antara padatnya permukiman warga. Untuk bisa komersialisasikan bandara di Tangerang Selatan ini, kenyamanan warga harus dipikirkan.

Baca juga: Jika Bandara Pondok Cabe Dikomersilkan, Menara Kontrol Cukup di Halim Perdanakusuma

Pengamat Tata Kota Universitas Indonesia Yayat Supriatna mengatakan, banyak hal mesti dicermati sebelum Bandara Pondok Cabe menjadi komersil.

"Warga di situ siap enggak tiap hari untuk menghadapi tekanan desibel (intensitas suara) dari bisingnya," tukas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini