nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Hindari Pencurian Data Nasabah, Hati-Hati saat Gunakan Handphone!

Agregasi Senin 25 September 2017 05:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 22 320 1780649 5-cara-hindari-pencurian-data-nasabah-hati-hati-saat-gunakan-handphone-KQtTYKJmNJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Hati-hati seandainya Anda diminta memberikan data perbankan yang sifatnya rahasia oleh website atau seseorang yang mengatasnamakan bank. Bisa jadi itu adalah penipuan. Sebagai nasabah yang cerdas, Anda perlu mengetahui, mana yang benar-benar informasi dari bank atau mana yang dari nonbank. Apalagi kasus pencurian data ini sedang ramai diperbincangkan.

Pencurian data nasabah yang telah terjadi biasanya dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling marak terjadi adalah perekaman data nomor kartu dan nomor PIN dari kartu kredit atau debit nasabah, yang kemudian terjadi penyalinan kedua nomor penting tersebut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Cara lainnya, oknum ini membuat website palsu yang mengaku dari pihak bank sehingga dengan mudahnya nasabah melakukan transaksi keuangan di website tersebut.

Jangan sampai data pribadi perbankan dicuri pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, simak cara mengantisipasi pencurian data nasabah.

Awasi Terus Transaksi yang Dilakukan dengan Kartu

Melakukan transaksi keuangan, baik tunai maupun nontunai, harus diperhatikan dengan teliti. Pasalnya, kesalahan bisa saja terjadi, baik itu dari pihak kita maupun merchant. Karena itu, saat melakukan transaksi keuangan di merchant tertentu, Anda sebaiknya awasi dan saksikan prosesnya dari awal memberikan kartu, memasukan PIN, hingga kartu Anda dikembalikan.

Nomor PIN Hanya Anda yang Tahu

Langkah selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa nomor PIN dari kartu kredit atau kartu debit aman dan tidak diketahui atau jatuh ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab. Untuk lebih aman lagi, gantilah nomor PIN secara berkala. Gunakan nomor PIN yang tidak mudah dideteksi orang lain, jangan gunakan nomor kelahiran lengkap dengan tahunnya. Carilah kombinasi angka yang lebih rumit.

Pakai Mobile atau Internet Banking, Jaga Baik-Baik Gadget yang Digunakan

Gadget adalah perangkat canggih yang digunakan hampir semua orang saat ini untuk melakukan berbagai macam aktivitas, termasuk transaksi online. Hal tersebut tentu bukan tanpa risiko. Khusus untuk transaksi online yang mungkin sering menggunakan gadget, usahakan untuk menjaga gadge agar jangan sampai hilang. Mulai atur keamanan gadget Anda dengan menggunakan PIN khusus atau pola keamanan khusus yang orang lain tidak ketahui. Lakukan hal keamanan yang sama pada laptop Anda juga.

Jangan Sembarangan dalam Memberikan Data

Perhatikan data email Anda. Kalau ada yang mencurigakan dan menyangkut dengan rekening tabungan atau kartu kredit, sebaiknya diwaspadai. Bisa jadi ini adalah jebakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Penipuan terhadap nasabah yang kerap terjadi juga diawali dengan pencurian data nasabah. Karena itu, saat ada permintaan data, jangan Anda lanjutkan dulu sebelum menanyakan ke pihak bank terkait.

Jaga Kerahasiaan PIN Kartu dan Data Perbankan

Karena transaksi online juga banyak menggunakan kartu, baik kredit maupun debit, Anda benar-benar menjaga kerahasiaan PIN dari kartu-kartu tersebut. Anda juga jangan memberikan data perbankan kepada pihak-pihak yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan pihak bank penerbit tabungan Anda.

(kmj)

Berita Terkait

Agregasi Cermati.com

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini