Image

Raih Order dari BUMN, Cara Sarinah Akali Lesunya Minat Pembeli

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814673 raih-order-dari-bumn-cara-sarinah-akali-lesunya-minat-pembeli-zwcDxClZ7i.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - PT Sarinah (Persero) menjalin kerjasama dengan PT Pelindo III dalam penyediaan cinderamata dan seragam. Nantinya dalam pengadaan barang-barang tersebut akan melibatkan pelaku UKM. Diharapkan itu dapat meningkatkan daya beli masyarakat yang ikut terlibat.

Director of Retail Business Sarinah Lies Permana Lestari mengatakan, kerjasama tersebut bisa mendorong daya beli masyarakat, sebab masyarakat pelaku UKM yang dilibatkan itu akan mendapatkan pemasukan dari pembuatan seragam maupun cinderamata.

"Kita kerjasama dengan Pelindo III dalam pengadaan seragam. Seragam kalau di kami yang buat adalah UKM. Jadi dengan kita dapat order dari BUMN, sinergi, kami juga memberdayakan UKM yang akan mendorong mereka untuk mendapatkan penghasilan dari order kami kan," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Baca Juga: Hasilkan Produk Dunia, Mendag Minta IDDC-Sarinah Lakukan Kerjasama

Jadi persoalan pelemahan daya beli, salah satunya bisa diatasi dengan memberdayakan pelaku UKM yang sebagian berasal dari kalangan masyarakat menengah yang terdampak pelemahan daya beli. Selain itu, melalui kerjasama dengan Pelindo III juga otomatis berpengaruh ke pendapatan Sarinah di tengah terpaan penurunan penjualan akibat e-commerce dan pelemahan daya beli itu sendiri.

"Apalagi kondisi ritel yang sedang turbulance (terguncang) seperti ini. Jadi ini adalah salah satu strategi kami untuk bisa tetap mendapatkan omzet tetapi dalam jumlah yang corporate, jumlah yang besar," ujarnya.

Baca Juga: Mendag: Sarinah Dipimpin Perempuan, Beda Sentuhannya

Dia juga menilai, sesama BUMN memang sudah selayaknya bersinergi. Jadi dalam pengadaan seragam dan cinderamata saja misalnya, bisa melibatkan BUMN di bidang tersebut yang mana akan ikut melibatkan pelaku UKM.

"Selama ini daripada mereka satu-satu ke beberapa vendor lebih baik ke Sarinah. Sarinah kan pusat benar-benar handycraft yang semuanya pengerjaannya dari UKM," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini