Image

Potensi Infrastruktur Besar, Indonesia Jalin Kerjasama dengan Zambia

ant, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827277 potensi-infrastruktur-besar-indonesia-jalin-kerjasama-dengan-zambia-N2xKKqlpQo.jpg Ilustrasi Infrastruktur. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia menjajaki peluang kerja sama ekonomi, terutama konstruksi, dengan Zambia sehingga diharapkan hubungan kedua negara bisa lebih meningkat di masa mendatang.

"Zambia memiliki potensi kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, terutama konstruksi," kata Konsul Kehormatan Zambia untuk Indonesia, Levy Zulu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Hal tersebut disampaikan pada pertemuan dengan delegasi Kemlu dan PT WIKA di Zambia. Kementerian Luar Negeri, KBRI Harare dan PT WIKA melakukan kunjungan ke Zambia pada tanggal 6-8 Desember 2017 untuk menjajaki peluang kerja sama antara kedua negara.

Dikatakan, setelah melakukan pertemuan dengan instansi-instansi terkait infrastruktur di Zambia, seperti Zambia Development Agency, Road Development Agency dan Office for Promoting Private Power Investment. PT WIKA akan melakukan feasibility study lanjutan pada proyek-proyek tersebut.

Manager Pengembangan Bisnis PT WIKA Gelora Yala Nusantoro, mengatakan, terdapat potensi kerja sama dalam pembangunan infrastruktur terutama jalan raya, serta proyek pembangkit listrik minihydro dan pabrik precast dengan Zambia.

Begitu pula, Zambia mengapresiasi kunjungan delegasi dan mengundang perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi pada berbagai proyek yang akan dilaksanakan di Zambia. Ditambahkan bahwa terdapat banyak potensi kerja sama di berbagai bidang yang sesuai dengan kemampuan BUMN Indonesia dan berharap agar kerja sama dapat segera dilaksanakan.

Selain melihat peluang kerja sama dimaksud, Kemlu juga sedang menjajaki kerja sama pembebasan visa Diplomatik dan Dinas antara kedua negara. Hal ini menyusul pemberian bebas visa kepada warga negara Zambia selama maksimal 30 hari oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2016.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mengamanatkan untuk lebih mengintensifkan kerja sama pembangunan, perdagangan dan investasi dengan negara pasar potensial antara lain Afrika. Indonesia tidak ingin ketinggalan dari berbagai negara-negara besar Asia lainnya yang sudah menancapkan bisnisnya di benua menjanjikan ini.

Menindaklanjuti hal ini, Kementerian Luar Negeri RI terus berupaya meningkatkan berbagai kerja sama dengan negara-negara di Afrika dengan mengikutsertakan BUMN Indonesia pada kunjungan ke negara-negara di Afrika. Zambia adalah salah satu negara di bagian selatan Afrika dengan kondisi politik cukup stabil dan diprediksi memiliki tingkat ekonomi yang akan terus meningkat.

Negara Afrika itu saat ini sedang melakukan banyak pembangunan infrastruktur dan banyak investor maupun kontraktor asing yang telah masuk di Zambia. Prioritas pembangunan infrastruktur diantaranya di bidang energi dan transportasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini