nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Pengusaha Wanita Ini Juarai Alfamidi Womanpreneur Award 2017

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 21:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 18 320 1832430 3-pengusaha-wanita-ini-juarai-alfamidi-womanpreneur-award-2017-GswortV1Ly.jpg Pemenang Womanpreneur 2017 (Foto: Giri Hartomo/Okezone)

JAKARTA - Alfamidi Womanpreneur Awards 2017 yang dihelat Koran Sindo dan Sindonews akhirnya memilih tiga pengusaha wanita terbaik. Ketiga pengusaha terbaik itu sudah melalui berbagai macam penilaian yang dilakukan dewan juri.

Di peringkat pertama ada nama Narsih Setyawan dengan jenis usaha Kagunan Kain Indonesia. Atas keberhasilannya itu dia berhak hadiah Rp4.000.000 plus bingkisan dari Alfamidi.

Selanjutnya Cessbi milik Ayu Hermanu menjadi pemenang kedua. Ayu berhak mendapatkan dengan uang tunai Rp 2.500.000 dan bingkisan dari Alfamidi.

Menjadi penutup tiga besar gelaran ini adalah Sanrah Food milik Lina Santika Rahmania. Lina berhak mendapat hadiah Rp1.500.000 dan bingkisan dari Alfamidi.

Direktur Sales and Marketing Sindonews.com dan Koran Sindo Lia Marlina mengatakan, untuk memilib ketiga pengusaha wanita itu tidaklah muda. Pasalnya, banyak sekali pengusaha wanita yang bagus-bagus dan kreatif pada event kali ini.

"Event ini ada beberapa tahapan pertama dari 150 besar menjadi 42 besar menjadi 20 besar sekarang terakhir menjadi grand final sekitar 10 besar. Kemudian kita pilih menjadi tiga," ujarnya saat ditemui dalam acara Alfamidi Womanpreneur Awards 2017 di Ice Place Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Menurut Lia, ada berbagai kriteria penilaian yang membuat ketiga pengusaha wanita tersebut menjadi pemenang. Seperti, harus memiliki inovasi dan endurance (ketahanan) di tengah perkembangan teknologi.

"Kriteria penilaian yang kita lakukan satu setiap tahun kita membutuhkan entrepreneur yang mempunya inovasi di produk. Sama yang sekarang bagaimana mereka bisa bersaing dengan teknologi. Karena memang persaingan di Industri digital cukup pesat yang mereka harus benar benar sustain," jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Founder Womanpreneur Irma Sustija mengatakan dalam menentukan pemenang, pihaknya bersama ketiga juri lain menilai produk bukan hanya dari produk. Akan tetapi dari sisi kreativitasnya.

Sehingga, para womanpreneur ini bisa terus mengembangkan usahanya. Karena ,produknya yang tidak monoton dan terus berkembang.

"Sebuah bisnis bukan hanya sekedar bikin produk tapi ada kreatifitasnya , inovasinya, kalau dilihat yang sudah maju ada tas karakter lokal, ada kain , ada sambal itulah sebuah kekuatan dari usaha rumahan kecil tapi tidak tampil murahan. Jadi kita ingin mendorong pelaku usaha agar tetap maju," jelasnya.

Sebagai informasi, ketiga juara ini terlebih dahulu mereka harus melewati sejumlah tahapan yang berlangsung sejak 11 Desember. Penilaian ini didasarkan kreativitas, inovasi produk, produktif dan sustainable.

Sementara, para peserta yang telah melewati sejumlah tahapan, akhirnya terpilih beberapa nama yang masuk ke tahap selanjutnya, dimulai dari 42 besar, peserta kemudian terseleksi menjadi 21 besar, hingga akhirnya terpilih 10 besar.

Pada babak 10 besar, mereka diberi kesempatan untuk memberikan presentasi di depan juri dan para tamu. Mereka diberi kesempatan selama 5 menit untuk mempresentasikan dan menjawab pertanyaan dewan juri. Adapun para Juri terdiri dari Lia Marliana dari KORAN SINDO dan Sindonews, Rini Hestrinaiia dari Alfamidi, Irma Sustika dari Womanpreneur Community, dan Ariana Octaria dari Smartphone Photografer.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini