nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ibu, Menkeu Sayangkan Partisipasi Tenaga Kerja Wanita di Indonesia Stagnan

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 06:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 21 320 1834261 hari-ibu-menkeu-sayangkan-partisipasi-tenaga-kerja-wanita-di-indonesia-stagnan-5VODtH8E46.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan selamat Hari Ibu untuk semua perempuan Indonesia apapun profesinya. Menurutnya, semua perempuan memiliki kontribusi yang sangat penting bagi bangsa.

"Mereka semua memiliki kontribusi yang sangat penting," tuturnya di Kementerian Keuangan, Jakarta.

Kontribusi perempuan yang pertama, Sri Mulyani mengatakan, dari sisi populasi secara keseluruhan jumlah perempuan dan laki-laki itu 50% berbanding 50% atau seimbang. Namun jumlah partisipasi tenaga kerja perempuan di Indonesia termasuk stagnan dan tidak berkembang hanya sekira 50%.

"Artinya 50% lainnya perempuan belum melakukan aktivitas di luar kegiatan yang disebut domestik. Artinya ada potensi besar yang belum terwujudkan," ujarnya.

Mantan Direktur Bank Dunia ini pun berharap, para perempuan tetap bisa meningkatkan kapasitas kemampuannya, karena dunia ini bergerak sangat dinamis. Apapun peran Anda pasti akan bisa menumbuhkan dan menyumbangkan lebih positif terhadap perekonomian.

"Dalam dunia rumah tangga bahkan sampai masalah politik hukum dan sosial. Dalam investasi di bidang human capital, perempuan itu salah satu pelaku yang sangat menentukan. dari mulai mereka hamil, meyakinkan bayinya tidak kekurangan gizi, termasuk mereka sendiri selamat dalam melahirkan,"ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini