Image

TIPS KARIER : Ingin Lamaran Anda Dilirik? Lakukan 7 Hal Ini

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 16:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837502 tips-karier-ingin-lamaran-anda-dilirik-lakukan-7-hal-ini-PyPnKPtPip.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Dengan banyaknya lulusan yang melamar, Anda tentu harus bisa membuat lamaran Anda menarik perhatian para perekrut. Seperti dilansir dari Prospects, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan hal dasar dengan benar.

Mulai dari memastikan bahwa semua persyaratan lengkap seperti salah satu contohnya Curriculum Vitae (CV). Pastikan juga Anda mengumpulkannya tepat waktu. Namun, Anda harus melangkah lebih cepat mengingat persaingan yang semakin ketat.

1. Ketahui Perusahaan Tempat Anda Melamar

Pelamar yang mengetahui perusahaan tempatnya melamar akan selalu memiliki kesan yang lebih baik. Maka lakukanlah pencarian tentang perusahaan tempat Anda melamar. Anda bisa melakukannya melalui media sosial atau websitenya. Cari tahu juga dengan siapa perusahaan Anda berkompetisi.

Baca juga: TIPS KARIER: Bos Anda Menyebalkan? Ini 10 Trik untuk Tetap Tenang

Lalu, Anda bisa mengaplikasikan pengetahuan Anda mengenai perusahaan ke dalam lamaran Anda dengan merujuknya ke dalam pertanyaan pribadi atau tanggapan Anda terhadap perusahaan. Bekerjalah pengetahuan ini ke dalam formulir aplikasi Anda dengan merujuknya ke dalam pernyataan pribadi atau tanggapan Anda terhadap pertanyaan.

2. Sertakan Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan

Akan ada satu bagian yang mengkhususkan Anda untuk menuliskan seluruh pendidikan dan pengalaman kerja Anda. Namun, ketika harus menjawab pertanyaan berbasis kompetensi atau menulis pernyataan pribadi, terserah Anda untuk memilih apa yang harus disertakan.

Baca juga: TIPS KARIER: Wanita Ingin Sukses? Jangan Khawatir Berlebihan!

Tidak hanya itu, penting juga bagi Anda untuk membaca deskripsi pekerjaan dan spesifikasi dengan cermat. Hal ini akan menunjukkan kualifikasi apa yang diinginkan oleh perusahaan. Dengan mengetahui apa yang dicari oleh perusahaan, Anda dapat menekankan hal-hal tertentu dalam lamaran Anda. Jika Anda sudah tahu hal apa yang bisa menjadi poin lebih dalam lamaran Anda, tulis dengan jelas kapan dan apa yang pengalaman Anda tersebut. Hindari penulisan yang samar atau tidak jelas dan relevan.

3. Tunjukkan Kepribadian Anda

Mengirim lamaran yang dilampirkan melalui online dapat membuat perusahaan sulit untuk menerka orang seperti apa Anda. Maka, cobalah untuk memasukkan sebagian kepribadian Anda ketika menjawab pertanyaan.

Jangan sampai Anda membicarakan pendidikan dan pengalaman kerja Anda secara eksklusif. Cobalah untuk mencari cara agar bisa memasukkan informasi ke dalam jawaban Anda. Contohnya, lihat kegiatan ekstra kurikuler yang membantu Anda mendapatkan keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa menunjukkan bahwa Anda dapat bergaul dengan siapa saja.

Baca juga: TIPS KARIER: Gagal Dapat Pekerjaan? Jadikan Ajang untuk Jadi Lebih Kuat!

4. Hindari Kesalahan yang Umum

Ada beberapa hal yang wajib Anda hindari jika Anda ingin lolos pada tahan interview. Contohnya, jangan sampai Anda menyamakan jawaban untuk semua perusahaan atau pada jawaban Anda di pekerjaan sebelumnya. Cobalah untuk menyesuaikan jawaban Anda dengan apa yang dicari oleh perusahaan.

Pastikan juga untuk selalu melengkapi semua persyaratan yang dilampirkan dalam lamaran. Bahkan lamaran melalui online kadang tidak memperbolehkan Anda untuk lanjut ke tahap sebelumnya sebelum Anda melengkapi tahap sebelumnya. Cobalah untuk memperhatikan ini karena tentu Anda tidak mau kehilangan kesempatan Anda hanya karena ada bagian yang terlewat. Namun, dari semua hal di atas, hal yang paling penting adalah, jujur. Perusahaan akan mencari tahu akurasi atau kebenaran dari informasi atau data yang Anda berikan. Melebih-lebihkan kemampuan Anda kadang akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

5. Beritahu Pencapaian Anda

Formulir lamaran merupakan kesempatan pertama bagi perusahaan untuk mengetahui potensi Anda. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan ini. Beritahu apa saja pencapaian yang Anda dapatkan selama ini. sertakan segala hal yang Anda anggap merupakan hal yang relevan dan mampu membuat Anda menjadi kandidat yang pantas untuk pekerjaan itu.

Berbicara tentang passion terhadap posisi tertentu di perusahaan, cobalah mendiskusikannya dengan orang-orang yang kredibel. Anda bisa coba mendiskusikannya ketika Anda masih kuliah, atau Anda bisa mendiskusikannya ketika sedang magang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendiskusikannya pada saat bekerja paruh waktu atau ketika sedang melakukan pekerjaan sukarela di kampus atau di lingkungan Anda. Jika semua itu berhubungan dengan pekerjaan yang Anda inginkan, maka semua masukkan sangat bermanfaat.

6. Yakin

Anda harus tampil dengan percaya diri, maka pastikan jawaban Anda selalu positif. Contohnya, jangan sampai Anda berbicara omong kosong ketika Anda tidak memiliki keahlian yang dicari oleh perusahaan. Sebagai gantinya, jawablah pertanyaan dengan ringkas. Jelaskan bagaimana Anda mampu memenuhi apa yang dicari perusahaan.

7. Lakukan Pengecekan Ulang pada Lamaran Anda

Cobalah cek kembali formulir lamaran Anda apakah ada kesalahan dalam penulisan misalnya. Mintalah kepada teman, keluarga atau mentor Anda untuk membaca kembali lamaran Anda. Jika sampai ada kesalahan pada penulisan, akan fatal bagi Anda karena Anda akan terlihat ceroboh dan hal ini mungkin membuat perekrut enggan memilih Anda.

Kirim lamaran Anda ketika Anda sudah mengeceknya berkali-kali dan yakin bahwa tidak ada kesalahan dalam formulir lamaran Anda. (ljs)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini